Ahad 28 Apr 2024 18:18 WIB

Warganet Suarakan Dukungan Agar Nobar Timnas U-23 Jalan Terus

Larangan nobar berlaku bagi pihak komersial.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Teman kuliah Rizky Ridho dari Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) menggelar aksi dukungan bagi kapten Timnas Indonesia U-23 tersebut, Jumat (26/4/2023). Dukungan disampaikan dengan membawa poster bergambar Rizky Ridho keliling kampus.
Foto: Republiika/Dadang Kurnia
Teman kuliah Rizky Ridho dari Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) menggelar aksi dukungan bagi kapten Timnas Indonesia U-23 tersebut, Jumat (26/4/2023). Dukungan disampaikan dengan membawa poster bergambar Rizky Ridho keliling kampus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- MNC Group melarang acara nonton bareng (nobar) timnas U-23 Indonesia di pentas Piala Asia U-23 AFC tahun 2024. Padahal, masyarakat Indonesia sedang cinta-cintanya dengan tim asuhan Shin Tae-yong ini.

Ketua umum PSSI Erick Thohir sebelumnya mengharapkan dukungan dan doa kemenangan dari semua lapisan masyarakat terhadap perjuangan timnas. 

Baca Juga

Apalagi acara Nobar di tanah air tak jarang diselingi dengan lantunan doa dan sholawat nabi agar Skuad Garuda Muda Indonesia dapat memenangkan setiap pertandingan yang dimainkan di Qatar ini.

Warganet Indonesia yang terkenal aktif di media sosial pun tak kalah akal dengan adanya surat edaran pelarangan nobar oleh MNC Group ini. Mereka bersikukuh tetap akan mendukung timnas dengan acara nobar tetapi tidak dengan channel MNC Group.

Melalui akun @habhab.syihab memberi komentar atas larangan ini, "Pakai Channel Luar Banyak yang siarkan."

@andhonesiaa menambahkan, "Akeh VPN (banyak pakai aplikasi VPN) , penting dukung Timnas, nasionalisme."

Sementara itu @miqo_pradipta93 mengomentari, "Wong Nonton kok orang olih sih piye, Gass baelah (orang nonton kok dilarang gas ajalah."

@aciemz menulis, "Aja derungokne min (Jangan didengarkan min), gass baee demi Timnas."

Tokoh sepak bola Saleh Ismail Mukadar di akun Facebooknya menulis, "Larangan seperti ini tidak akan bisa dilaksanakan karena animo Rakyat Indonesia untuk menonton Indonesia Vs Uzbek Senin besok pasti sangat tinggi. Kalau pelakunya berjumlah puluhan mungkin masih bisa tapi kalau yang menggelar nonton bersama sudah berjumlah ribuan, maka Polisi juga tidak akan berani menjadi tameng untuk menegakan hukum larangan yang dibuat oleh pemilik hak siar."

Di sisi lain, menanggapi riak deras di masyarakat, MNC Group selaku pemegang hak siar Piala Asia U-23, menyatakan sangat bangga dan bahagia atas kesuksesan yang diraih timnas U23. Dan melalui televisi free to air yang dimilik yakni RCTI, serta Vison+, terus memberikan dukungan dengan menghadirkan tayangan Piala Asia U-23 agar dapat disaksikan oleh seluruh masyarat Indonesia.

Oleh karena itu, MNC Group selaku pemegang hak siar, memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin menyelenggarakan nonton bareng timnas U-23 melawan Uzbekistan di semifinal nanti pada Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB, selama pergelaran nonton bareng tidak memungut biaya kepada para penonton atau pengunjung serta tidak beriklan atau menerima sponsor dari pihak-pihak yang ingin mengambil keuntungan (non-komersial).

"Mari kita terus dukung perjuangan para punggawa Garuda Muda agar bisa berprestasi lebih baik lagi di Piala Asia U-23. Selamat bertanding, semoga menoreh sejarah dengan menjadi juara Piala Asia U-23 tahun ini. Kami akan selalu mendukung Mu!" tulis MNC Group dalam surat edarannya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement