Ahad 28 Apr 2024 19:55 WIB

Bertarung Ketat, Marquez tak Kuasa Bendung Pecco Bagnaia Menangkan MotoGP Spanyol 2024

Marquez sempat ada di urutan terdepan, tapi disalip lagi.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pembalap MotoGP Italia Francesco Bagnaia (Tim Ducati Lenovo) saat Grand Prix Sepeda Motor Spanyol di sirkuit Jerez-Angel Nieto di Jerez de la Frontera (Cadiz), Spanyol, Ahad (28/4/2024).
Foto: EFE
Pembalap MotoGP Italia Francesco Bagnaia (Tim Ducati Lenovo) saat Grand Prix Sepeda Motor Spanyol di sirkuit Jerez-Angel Nieto di Jerez de la Frontera (Cadiz), Spanyol, Ahad (28/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JEREZ -- Pertarungan di MotoGP Spanyol 2024 baru saja berakhir. Balapan yang menegangkan.  Pembalap Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia menjadi pemenang di Sirkuit Jerez, Ahad (28/4/2024) malam WIB ini. Pecco finis dengan catatan waktu 40 menit, 58,053 detik.

Pembalap Gresini Racing, Marc Marquez memimpin saat balapan dimulai. Memasuki lap kedua, ia dilewati oleh Bagnaia. Marquez turun ke posisi kedua.

Baca Juga

Bagnaia yang start di urutan ketujuh mampu melewati sederet pembalap. Rupanya, hanya beberapa detik, Pecco di posisi terdepan. Ia lantas dilewati oleh Jorge Martin (Pramac Racing). 

photo
Pembalap MotoGP Italia Francesco Bagnaia (Tim Ducati Lenovo) saat Grand Prix Sepeda Motor Spanyol di sirkuit Jerez-Angel Nieto di Jerez de la Frontera (Cadiz), Spanyol, Ahad (28/4/2024). - (EFE)

Martin terus mempertahankan tempatnya. Sementara Marquez keluar dari tiga besar. The Baby Alien turun ke peringkat keempat setelah diasapi rider Pertamina Enduro VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi.

Nasib kurang beruntung dialami Martin di lap ke-10. Rider kelahiran Madrid itu terjatuh. Ia menyusul Aleix Espargaro yang juga telah keluar lintasan sebelum balapan berakhir. Situasi demikian membuat Bagnaia kembali ke urutan pertama.

Kemudian Marc Marquez menembus tiga besar. Marquez menempel ketat Bezzecchi di urutan kedua. Dari layar kaca, nampak Valentino Rossi turut memantau perlombaan ini.

Memasuki lap ke 13, Marquez naik ke urutan kedua. Ia berhasil melewati Bezzecchi di tikungan. Dua pembalap ini sedikit tertinggal jauh dari Pecco di posisi terdepan. Setelah 15 lap berlalu, the Baby Alien mulai sulit didekati Bezzecchi.

Memasuki lap ke-18, Marquez mendekat Bagnaia. Nampaknya duel seru bakal terlihat hingga lap terakhir. Terakhir kali, the Baby Alien finis di urutan pertama di Sirkuit Jerez, pada 2019 lalu. Saat itu ia masih bersama Repsol Honda.

Pada lap ke-20, dua jawara ini saling melewati. Sempat diasapi Marquez, Pecco mampu mempertahankan tempatnya. Situasi serupa terjadi lagi pada lap ke-21. 

Sampai lap pamungkas, Bagnaia tetap di urutan pertama. Dengan demikian, ia menjuarai MotoGP Spanyol, tiga tahun beruntun.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement