Senin 29 Apr 2024 07:17 WIB

Pelatih Uzbekistan dan Shin Tae Yong Pernah Berhadapan di Liga Korea

Kapadze pernah bermain di Liga Korea Selatan dengan memperkuat Incheon United.

Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong.
Foto: dok PSSI
Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Timnas Uzbekistan U-23, Timur Kapadze, mengaku akan memanfaatkan pengalamannya bermain di Liga Korea Selatan untuk menghadapi Indonesia di babak semifinal Piala AFC U-23 2024. Laga akan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024) malam WIB.

‘’Saya bermain di Korea selama beberapa tahun. Saya tahu betul adat istiadat dan cara hidup masyarakat Korea,’’ kata Kapadze ketika ditanya pengalamannya bermain di Liga Korea Selatan dan pernah bertemu Shin Tae Yong sebagai pelatih.

‘’Saya telah menghadapi Korea berkali-kali selama karir sepak bola saya,’’ ujarnya, seperti dikutip Zamin.uz, Senin. ‘’Saya tahu filosofi sepak bola mereka dengan baik dan saya menyadari kekuatan mereka. Kami sepenuhnya siap untuk pertemuan besok.’’

Sepanjang karir sepak bolanya, Kapadze pernah bermain di Liga Korea Selatan dengan memperkuat Incheon United pada 2011. Sementara pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong, saat itu baru merintis karir kepelatihannya dengan mengarsiteki Seongnam Ilhwa Chunma.

Shin sukses membawa Seongnam Ilhwa Chunma menempati posisi kedua klasemen liga K League 2009, meski klub dalam kondisi kekurangan dana. Shin juga mampu mengantarkan Seongnam Ilhwa Chunma memenangkan gelar juara Liga Champions Asia 2010 dan Piala FA Korea 2011.

Kesuksesannya tersebut membawa Shin menangani Timnas Korea Selatan selama beberapa tahun sebelum akhirnya kini membesut Timnas Indonesia. Shin Tae Yong dan Timur Kapadze akan kembali saling berhadapan dengan statusnya kini sama-sama sebagai pelatih timnas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement