Senin 29 Apr 2024 14:44 WIB

Kekuatan Apa yang Harus Disegani Indonesia U-23 dari Uzbekistan U-23? Ini Jawabannya

Indonesia U-23 berpeluang lolos ke final.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Timnas Uzbekistan U-23 di Piala Asia U-23 2024.
Foto: Dok. X AFC
Timnas Uzbekistan U-23 di Piala Asia U-23 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia akan menghadapi Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 AFC tahun 2024 yang digelar Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa Doha Qatar.

Uzbekistan akan jadi lawan berat buat Indonesia. Melihat catatan Uzbekistan yang meraih nilai sempurna dan tidak pernah terkalahkan bahkan masih clean sheet dari empat pertandingan di Qatar (12-0)  seakan menjadi penegasan berapa kuatnya runner up Piala Asia U-23 tahun 2022 itu. 

Baca Juga

"Menurut saya, tidak berarti mereka tak bisa  ditaklukkan. Setelah Pratama Arhan dkk sukses melaju ke semifinal, Indonesia telah menjelma sebagai tim mulai diwaspadai. Apalagi setelah sukses menyingkirkan Korsel. Keberhasilan Indonesia menaklukkan Korsel makin menguatkan pesan bahwa Indonesia bukan lagi tim sembarangan," kata pengamat sepak bola Kesit Budi Handoyo kepada Republika.co.id.

"Kekuatan Indonesia cukup bisa dijadikan jaminan. Materi pemain kita tidak kalah dengan Uzbekistan. Keunggulan Uzbekistan lebih kepada pengalaman mereka yang kerap tampil di Piala Asia U23 serta pernah menyandang juara dan runner-up," ujar dia menambahkan. 

Ia melihat mental bertanding para pemain Indonesia terus memperlihatkan tren sangat positif. Ia tidak melihat para pemuda itu tegang setiap kalau berlaga. Justru sebaliknya, mereka tampak menikmati pertandingan. Ini menurutnya modal penting buat Indonesia sehingga fighting spirit di lapangan jelas terekam. 

"Satu hal yg tetap harus jadi perhatian adalah mengantisipasi serangan balik lawan. Dari pertandingan terakhir lawan Korea masih terlihat tim kita masih terlambat mengantisipasinya karena keasyikan menyerang. Transisi dari menyerang ke bertahan harus berjalan baik," kata dia menambahkan.

Menurut Kesit, absennya Rafael Struick yang di laga lawan Korea Selatan mencetak dua gol, membuat Shin Tae-yong kini memiliki dua pilihan antara Ramadhan Sananta atau Hokky Caraka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement