Senin 29 Apr 2024 15:53 WIB

Tanpa Rafael Struick, Ini Prediksi Starting XI Timnas U-23 Saat Jumpa Uzbekistan U-23

Ramadhan Sananta diperkirakan akan menggantikan Rafale Struick di lini depan.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Timnas Indonesia U-23.
Foto: Republika
Timnas Indonesia U-23.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Beberapa jam lagi, tim nasional Indonesia U-23 akan bertarung di semifinal Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda berjumpa Uzbekistan U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB.

Arena milik Al Duhail SC itu bakal memanas. Sepertinya bendera Merah Putih siap bertebaran di tribun. Pemandangan demikian sering terlihat di beberapa laga sebelumnya. Terkhusus pada laga ini di mana tiket pertandingan sold out.

Baca Juga

Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong menegaskan, kepercayaan diri pasukannya terus meningkat. Itu setelah berbagai rentetan hasil positif yang mereka raih. Dimulai dari penyisihan hingga babak delapan besar. 

Teranyar, Korea Selatan jadi korban Garuda Muda. Jelas, Rizky Ridho Ramadhani dan rekan-rekan enggan berpuas diri. Petualangan belum selesai. Saatnya membuat sejarah lain. 

Namun, lini depan timnas U-23 bakal sedikit mengalami perubahan untuk laga di depan mata. Rafael Struick dipastikan absen.

Rafael terkena akumulasi kartu kuning. Menarik dinantikan apa yang akan diputuskan STY terkait situasi ini. Dari segi formasi, tampaknya tak ada perubahan. Juru taktik asal Korsel itu mulai terbiasa dengan pola 3-4-3 atau bisa menjadi 3-4-2-1. Perubahannya hanya pada pergerakan pemain di lapangan. Dinamis. Lalu siapa saja personel Garuda Muda yang akan turun sejak awal?

Di posisi kiper Ernando Ari Sutaryadi. Penjaga gawang asal klub Persebaya Surabaya ini tak tergantikan. Ernando selalu menjadi pilihan utama sejak partai perdana.

Di depan sang kiper, berdiri tiga palang pintu sejajar. Di kiri ada Justin Hubner, di tengah, Rizky Ridho, lalu di kanan sepertinya STY lebih percaya pada Muhammad Ferarri. Komang Teguh terlihat keteteran mengawal area tersebut pada laga kontra Korsel.

Menuju lini kedua, di posisi bek sayap kiri, ada Pratama Arhan. STY agak menemukan kesulitan ketika harus menentukan siapa starter di area bek sayap kanan. Pasalnya antara Ilham Rio Fahmi dan Fajar Fathur Rahman tidak ada yang lebih dominan. 

Berkaca pada pertandingan terakhir, sepertinya, Rio Fahmi yang bakal mengisi starting XI kali ini. Lalu di lini tengah, ada dua pemain diaspora, Nathan Tjoe-A-On di kiri dan Ivar Jenner di kanan.

Menuju lini depan. Marselino Ferdinan di kiri, Witan Sulaeman di kanan. Lalu Ramadhan Sananta berpotensi mengisi pos yang ditinggalkan Struick. Jika STY menginginkan penyerang yang lebih mobile, maka Jeam Kelly Sroyer bakal naik ke permukaan.

Garuda Muda bakal mentas di arena yang sangat akrab dengan mereka. Sebelummya, Witan dkk selalu menang dalam tiga kesempatan berlaga di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Piala Asia U-23 2024.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement