Senin 29 Apr 2024 16:32 WIB

Bukan Hanya di Piala Asia U-23 Qatar, Uzbekistan U-23 Belum Pernah Kalah Sepanjang 2024

Uzbekistan U-23 mencetak 12 gol dan belum kebobolan di Piala Asia U-23.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Winger Uzbekistan U-23 di Piala Asia U-23 2024 Abbosbek Fayzullaev.
Foto: IG Abbosbek Fayzullaev
Winger Uzbekistan U-23 di Piala Asia U-23 2024 Abbosbek Fayzullaev.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Tim Nasional Uzbekistan U-23 menjadi lawan Indonesia U-23 pada Semifinal Piala Asia U-23 2024. Duel tersebut berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB.

Tim berjuluk Serigala Putih mengirimkan pesan peringatan ke semua rival, tak terkecuali Garuda Muda. Statistik menunjukkan, skuad polesan Timur Kapadze sangat trengginas.

Baca Juga

Sepanjang turnamen ini bergulir, negara pecahan Uni Soviet itu selalu menang. Dari babak penyisihan hingga babak delapan besar, total Alisher Odilov dan rekan-rekan mencetak 12 gol dan belum kebobolan.

Fakta ini memperlihatkan sebuah keseimbangan. Uzbekistan bertaji saat menyerang, kemudian kuat ketika bertahan.

Rupanya, ada statistik lain yang membuat kubu Serigala Putih benar-benar diwaspadai. Selama 2024, mereka belum pernah kalah. Itu gabungan dari partai persahabatan hingga ajang resmi.

Total sepanjang tahun ini, Uzbekistan U-23 sudah mentas dalam enam pertandingan. Selama periode tersebut, anak asuh Timur Kapadze meraih lima kemenangan dan sekali imbang. Transisi yang sangat cepat menjadi salah satu kelebihan tim tersebut.

"Uzbekistan tim yang sangat bagus di semua faktor. Performa mereka sangat stabil, sangat terorganisasi, disiplin. Ini bukan laga yang mudah bagi kami," kata pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong.

Ia mengetahui statistik mentereng lawan. Jasurbek Jaloliddinov dan rekan-rekan mendekati sempurna sejauh ini. STY menyempatkan waktu untuk menonton partai calon lawan mereka kontra Arab Saudi. Gawang Saudi dibobol dua gol tanpa balas. 

"Saya menonton pertandingan mereka, alasan utama mereka (trengginas) karena transisi mereka sangat cepat. Dari menyerang dan bertahan, dari bertahan ke menyerang. Sangat-sangat cepat. Itu membuat Uzbekistan, salah satu tim terkuat di kompetisi ini," ujar juru taktik asal Korea Selatan ini.

STY menilai Uzbekistan U-23 memiliki talenta hebat di semua lini. Garuda Muda harus mengantisipasi sejumlah kelebihan dari lawan mereka tersebut. 

"Saya tidak bisa menjelaskan secara detail, itu rahasia," ujar arsitek berusia 53 tahun ini.

Menarik dinantikan bagaimana duel di depan mata berlangsung. Indonesia dipastikan tak diperkuat Rafael Struick yang terkena akumulasi kartu kuning.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement