Senin 29 Apr 2024 17:32 WIB

Lima Bintang Uzbekistan U-23 Ini Perlu Diwaspadai Garuda Muda

Indonesia U-23 akan menantang Uzbekistan U-23 di semifinal Piala Asia U-23.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Winger Uzbekistan U-23 di Piala Asia U-23 2024 Abbosbek Fayzullaev.
Foto: IG Abbosbek Fayzullaev
Winger Uzbekistan U-23 di Piala Asia U-23 2024 Abbosbek Fayzullaev.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Tim nasional Uzbekistan U-23 bermaterikan amunisi mentereng di Piala Asia U-23 2024. Hasilnya terlihat. Skuad polesan Timur Kapadze menembus semifinal. 

Sebelum berada di tahapan ini, tim berjuluk Serigala Putih tak bisa dibendung. Dari penyisihan grup hingga babak delapan besar, Abbosbek Fayzullaev dan rekan-rekan selalu menang dalam empat pertandingan.

Baca Juga

Selama periode tersebut, Uzbekistan U-23 mencetak 12 gol dan tidak kebobolan. Sinyal bahaya untuk setiap lawan. 

Berikutnya, negara pecahan Uni Soviet ini akan bertemu timnas Indonesia U-23. Duel Uzbekistan U-23 kontra Indonesia U-23 berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB. White Wolves bukan lawan yang mudah bagi Garuda Muda. Pergerakan sederet pemain muda skuad asuhan Timur Kapadze perlu diwaspadai Indonesia U-23.

Dari lini depan, ada Khusayin Norchaev. Striker jangkung bertinggi badan 180 cm itu telah mencetak dua gol dan menyumbang satu assist. Total selama membela Uzbekistan U-23, Norchaev sudah mentas dalam 24 pertandingan dan mengoleksi 11 gol.

Berikutnya, Alisher Odilov. Penggawa klub Olympic ini bisa beroperasi sebagai penyerang atau winger kanan. Saat timnya menghajar Saudi, ia turun pada menit ke-80 menggantikan Norchaev. Odilov sudah mengoleksi dua gol pada turnamen ini.

Menuju ke sektor sayap ada Abbosbek Fayzullaev. Winger 20 tahun ini calon bintang besar di negaranya. Fayzullaev memperkuat klub besar Rusia, CSKA Moskow. 

Selain aktif di kelompok umur, sang wonderkid juga sudah menembus tim utama. Total, Fayzullaev telah mengoleksi 13 caps timnas senior Uzbekistan. Ia juga piawai ditempatkan sebagai gelandang.

Menuju ke lini tengah. Siapa lagi kalau bukan sang kapten, Jasurbek Jaloliddinov. Bintang muda asal klub Netchi ini sudah 36 kali membela Uzbekistan U-23. Selama periode tersebut, ia turut menyumbang 10 gol.

Terakhir di sektor pertahanan. Abdukodir Khusanov layak mendapat sorotan. Bek tengah asal klub Prancis, RC Lens itu, tak tergantikan di area palang pintu Serigala Putih. Selain aktif di tim U-23, Khusanov juga telah mengoleksi 10 caps tim senior. Ia turut membawa tim Uzbekistan U-20 menjuarai Piala Asia U-20 2023.

Jelas, bukan hanya nama-nama di atas yang wajib diwaspadai. Namun, setidaknya, sederet pilar tersebut telah menjadi pembeda yang wajib diwaspadai Garuda Muda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement