Senin 29 Apr 2024 17:37 WIB

Selain Transisi Cepat, Fakta Ini Menunjukkan Uzbekistan U-23 Sangat Layak Disegani

Uzbekistan selalu menang dalam empat pertandingan Piala Asia U-23.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Timnas Uzbekistan U-23 di Piala Asia U-23 2024.
Foto: Dok. X AFC
Timnas Uzbekistan U-23 di Piala Asia U-23 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Pada sesi konferensi pers, pelatih tim nasioan Indonesia U-23 Shin Tae-yong mengaku telah mengetahui kelebihan Uzbekistan U-23. Indonesia berjumpa Uzbekistan pada semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB.

Menurut STY, transisi yang sangat cepat membuat tim berjuluk Serigala Putih mendekati sempurna sejauh ini. Skuad polesan Timur Kapadze selalu menang dalam empat pertandingan dari penyisihan grup hingga babak delapan besar. 

Baca Juga

Satu tim dengan statistik ini bisa dikatakan sempurna jika diakhiri dengan raihan trofi. Namun, setidaknya, negara pecahan Uni Soviet ini sudah mengirimkan alarm bahaya ke setiap rival. Uzbekistan U-23 telah mencetak 12 gol dan belum kebobolan saat menembus semifinal. Sebuah keseimbangan nyata. Abbosbek Fayzullaev dan rekan-rekan trengginas ketika menyerang, dan kuat saat bertahan.

"Saya menonton pertandingan mereka, alasan utama mereka (trengginas) karena transisi mereka sangat cepat. Dari menyerang dan bertahan, dari bertahan ke menyerang. Sangat-sangat cepat. Itu membuat Uzbekistan, salah satu tim terkuat di kompetisi ini," kata STY.

Rupanya, bukan hanya aspek transisi yang membuat White Wolves disegani. Kapadze tidak mengandalkan satu dua pemain dalam urusan menjebol gawang lawan. Semua bisa menjadi predator.

Kolektivitas menjadi kekuatan Uzbekistan lainnya. Statistik mendukung hal itu. Sebanyak 12 gol mereka di kompetisi ini, dicetak oleh 10 orang berbeda. 

Hanya Khusayin Norchaev dan Alisher Odilov yang mengoleksi dua gol. Sisanya, masing-masing mencetak satu gol. Jelas, STY mewaspadai hal itu.

"Uzbekistan tim yang sangat bagus di semua faktor. Performa mereka sangat stabil, sangat terorganisasi, disiplin. Ini bukan laga yang mudah bagi kami," ujar juru taktik asal Korea Selatan ini.

Winger timnas Indonesia U-23 Witan Sulaemen menyadari lawan kuat menanti mereka. Ia telah mengetahui sepak terjang Uzbekistan U-23 di sepanjang turnamen ini bergulir. Witan menegaskan, kubunya akan bertarung lebih dari yang diperlihatkan ketika menghadapi Korsel.

Andai meraih kemenangan, Indonesia tak hanya berstatus finalis. Dengan demikian Garuda Muda dipastikan lolos ke Olimpiade Paris 2024. Tiga tim terbaik dari kompetisi ini melaju mulus ke Prancis. Penghuni posisi keempat harus melakoni playoff kontra wakil Afrika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement