Selasa 30 Apr 2024 15:31 WIB

Shin Tae-Yong Apresiasi Perjuangan Timnas Indonesia U-23, Akui Kekuatan Uzbekistan U-23

Shin Tae-yong enggan mengungkapkan hal yang jadi kegusarannya.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong.
Foto: dok PSSI
Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong mengapresiasi perjuangan anak asuhnya meskipun gagal melaju ke babak final Piala Asia U-23 2024. Timnas U-23 takluk 0-2 dari Uzbekistan U-23 pada semifinal yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, Senin (29/4/2024) malam WIB. 

Ia juga mengucapkan selamat kepada Uzbekistan U-23 yang memenangkan pertandingan tersebut.  "Pertama-tama saya mengapresiasi usaha bagus dari tim kami. Saya pikir Uzbekistan bermain dengan baik. Ada sesuatu yang saya merasa sedikit menyayangkan, tapi saya tidak mau menyebutkannya di sini. Uzbekistan tetap tim yang kuat. Selamat untuk Uzbekistan," kata Shin dalam konferensi pers pascapertandingan, Selasa (30/4/2024).

Baca Juga

Garuda Muda sejatinya bisa bertahan dari tekanan yang diberikan Uzbekistan di sepanjang babak pertama. Bahkan, Muhammad Ferarri sempat membawa Indonesia unggul 1-0 pada menit ke-62. Namun, gol tersebut dianulir melalui keputusan VAR yang menyebut kaki Ramadhan Sananta sudah berada dalam posisi offside. 

Tak lama berselang, Uzbekistan U-23 berhasil memanfaatkan momentum untuk mencetak angka lebih dulu. Itu terjadi saat Norchaev menyelesaikan umpan silang Muhammadqodir Hamraliev pada menit ke-68. Dalam posisi tertinggal, Indonesia justru harus bermain dengan 10 orang setelah Rizky Ridho terkena kartu merah langsung pada menit ke-84.

Sejurus kemudian, Uzbekistan menambah keunggulan melalui gol bunuh diri yang dilakukan Pratama Arhan dari situasi kemelut yang diciptakan pemain Uzbekistan. 

Setelah melihat jalannya pertandingan, pelatih asal Korea Selatan itu menilai para pemainnya sedikit gugup sejak awal. "Saya pikir sebelum memulai pertandingan, kami merasa sedikit gugup. Mungkin ini mempengaruhi tim sehingga kami tidak bisa bermain sebaik biasanya," ujarnya. 

Terlepas dari hasil yang kurang memuaskan pada laga tersebut, Shin mengingatkan anak asuhnya untuk tetap menjaga motivasi mereka karena masih ada satu laga tersisa untuk merebut status peringkat tiga, yang akan mendapatkan bonus lolos ke Olimpiade Paris 2024. Indonesia U-23 akan menghadapi Irak U-23 pada Kamis (2/5/2024).

"Kami masih ada kesempatan untuk lolos ke putaran final Olimpiade. Jadi, kami akan mempersiapkan diri dengan baik menuju panggung besar berikutnya," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement