Kamis 02 May 2024 23:24 WIB

Babak Pertama, Indonesia U-23 Vs Irak U-23 Imbang 1-1

Gol Ivar Jenner dibalas oleh Zaid Tahseen.

Ivar Jenner, pencetak gol timnas Indonesia U-23 ke gawang Irak U-23.
Foto: dok PSSI
Ivar Jenner, pencetak gol timnas Indonesia U-23 ke gawang Irak U-23.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Babak pertama laga perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 telah berakhir. Indonesia U-23 bermain imbang 1-1 melawan Irak U-23 di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (2/5/2024) malam WIB. Gol Ivar Jenner berhasil dibalas oleh bek Irak U-23 Zaid Tahseen.

Kedua tim saling menjajal kekuatan pada awal laga. Indonesia U-23 punya peluang pertama saat Rio Fahmi melakukan gerakan menusuk tanpa bola dan dijegal sedikit di luar kotak penalti Irak U-23. Tendangan bebas yang didapatkan Garuda Muda pada menit ketujuh gagal dimaksimalkan. Sebab bola tendangan Marselino yang menyusur rumput sangat lemah dan mudah dikuasai kiper Hussein Hasan.

Baca Juga

Indonesia U-23 mendapatkan peluang berikutnya lima menit berselang, tapi operan ke dalam Pratama Arhan langsung ke kotak penalti juga gagal dimaksimalkan.

Setelah beberapa kali mencoba, Ivar Jenner membuka keunggulan Indonesia U-23 pada menit ke-19. Berawal dari situasi sepak pojok, Witan Sulaeman mengoper bola ke kotak penalti Singa Babilonia. Bola disapu keluar oleh pemain Irak, tapi mengarah ke Ivar yang berdiri bebas di luar kotak penalti. Tanpa ampun, Ivar melepaskan tendangan mendatar ke sudut bawah gawang yang tak bisa ditepis Hussein Hasan.

Irak U-23 langsung merespons. Semenit berselang, pemain paling berbahaya Irak Ali Jasim melepaskan tendangan melengkung dari luar kotak penalti. Kiper Merah Putih Ernando Ari dengan sigap melompat ke kiri untuk menepis bola. Tendangan sudut untuk Irak U-23, tapi tak membahayakan.

Indonesia U-23 kemudian memberikan tekanan bertubi yang memaksa Marselino dilanggar di sudut sebelah luar kotak penalti, sisi kanan pertahanan Irak U-23. Sayang, peluang ini gagal dimaksimalkan.

Menit ke-27, Irak U-23 membalas dari situasi sepak pojok yang sebenarnya tak terlalu berbahaya. Ernando Ari keluar membuang bola, tapi tak sempurna. Bola liar berhasil disambut pemain Irak U-23 dan Zaid Tahseen menjebol gawang Ernando Ari lewat tandukan di mulut gawang.

Wasit Majed Alshamrani empat berdiskusi dengan petugas VAR Sivakorn Pu-Udom, tapi gol Irak U-23 tetap disahkan.

Setelah hasil imbang 1-1, kedua tim saling berbalas serangan. Irak mengandalkan tusukan dari samping, utamanya sisi sebelah kiri pertahanan Indonesia U-23, untuk melepaskan crossing. Upaya Irak berhasil digagalkan para bek dan Ernando Ari.

Sebaliknya, Garuda mencoba operan satu dua yang sayangnya gagal memberikan ancaman karena buruknya operan akhir atau salah pengertian. Hingga injury time empat menit berakhir, skor tetap imbang 1-1.

Dalam laga ini, pelatih Shin Tae-yong melakukan penyesuaian absennya Rizky Ridho. Nathan yang biasa beroperasi di tengah ditarik menjadi bek kiri dalam formasi tiga bek.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement