Sabtu 04 May 2024 20:36 WIB

Jaga Peluang Juara, Arsenal Amankan Tiga Poin dari Bournemouth

Arsenal mengalahkan Bournemouth 3-0 untuk tetap berada di puncak klasemen.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Arsenal
Foto: AP Photo/Frank Augstein
Arsenal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arsenal mengamankan tiga poin penting saat menjamu Bournemouth pada laga pekan ke-36 Liga Primer Inggris 2023/2024 di Stadion Emirates, Sabtu (4/5/2024). The Gunners menang 2-0 untuk bertahan di puncak klasemen sekaligus memperlebar selisih poin dari Manchester City.

The Gunners mengoleksi 83 poin, unggul empat angka dari Manchester City di tempat kedua. Namun, City masih menyisakan empat pertandingan, sementara Arsenal tinggal dua. City akan menjamu Wolverhampton Wanderers malam ini mulai pukul 23.30 WIB.

Baca Juga

Arsenal yang butuh kemenangan untuk menjaga peluang juara langsung menciptakan peluang. Ben White memenangkan lemparan ke dalam untuk Arsenal jauh di dalam area pertahanan Bournemouth.

Dia menemukan Odegaard yang melakukan sentuhan di dalam kotak sebelum memberikab bola ke White lagi. Bola diarahkan ke jalur Kai Havertz, yang meneruskannya kepada Saka. Namun Saka tidak bisa melepaskan tembakan sehingga the Cherries mampu menghalaunya.

Pada menit ketujuh, Saka mengambil tendangan sudut dan mengarahkannya ke tiang belakang. Namun kiper Mark Travers keluar untuk menepisnya. Bola jatuh ke tangan Trossard dan dia mencoba melakukan tendangan voli ambisius, tapi gagal. Bola kemudian jatuh ke Odegaard yang membidik dari dalam kotak dengan kaki kanannya. Namun, bola sekali lagi dibelokkan ke belakang.

Arsenal menghasilkan delapan tembakan setelah 15 menit, namun hanya satu yang tepat sasaran. The Gunners telah menyentuh bola sebanyak 16 kali di dalam kotak penalti lawan, dan juga menikmati 78,7 persen penguasaan bola.

Setelah 30 menit, Bournemouth menikmati penguasaan bola yang jarang terjadi dan mereka berusaha menyerang. Namun White melepaskan tekel untuk meredam serangan tim tamu.

Hingga menit ke-35, Arsenal terus mendominasi permainan dan menciptakan 14 tembakan dengan empat di antaranya tepat sasaran. Namun Travers menikmati permainan yang luar biasa di bawah mistar gawang. 

Kebuntuan Arsenal terpecahkan pada menit ke-40. Tim asuhan Mikel Arteta mendapatkan penalti setelah pelanggaran terharap Havertz.

Odegaard mengambil bola di antara garis pertahanan Bournemouth dan memberikan umpan sempurna kepada yang Havertz menerobos melewati Travers. Kiper Bournemouth itu tak punya pilihan selain menjatuhkannya. Wasit menunjuk titik putih.

 

Saka maju ke titik penalti untuk The Gunners dan mengirimkan penalti ke kiri, meninggalkan Travers terpaku di bawah mistar. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Babak kedua dimulai, Arsenal kembali mendominasi tapi Bournemouth juga akhirnya menciptakan peluang pada menit ke-52. Alex Scott menerobos pertahanan Arsenal untuk kemudian mengirimkan bola ke Solanke di dalam area penalti. Solanke menggerakkan bola ke kiri dan melepaskan tendangan rendah dan keras ke arah gawang. Namun David Raya melakukan penyelamatan dengan kakinya.

Arsenal menggandakan keunggulan pada menit ke-70. Berawal saat Declan Rice melewati Smith di sisi kotak penalti. Dia memutar badan dan mengirm bola ke kaki Trossard. Penyerang Belgia itu melepaskan tembakan ke gawang yang gagal diantisipasi Travers. Skor 2-0 untuk Arsenal. 

Tuan rumah bahkan memperlebar kedudukan menjadi 3-0 pada menit tambahan waktu. Gol diciptakan oleh Rice pada menit ke-90+7 untuk mempertegas kemenangan Arsenal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement