Selasa 07 May 2024 23:10 WIB

Nottinham Forest Kalah Banding Hukuman Pengurangan 4 Poin, Masih Terancam Degradasi

Nottingham Forest butuh empat poin untuk terhindar degradasi.

Para pemain Nottingham Forest (ilustrasi)
Foto: Danny Lawson/PA via AP
Para pemain Nottingham Forest (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Klub Nottingham Forest kalah dalam banding atas pengurangan empat poin karena melanggar peraturan keuangan Liga Primer Inggris. Keputusan tersebut yang membuat Forest berada dalam bahaya degradasi dengan hanya dua pertandingan tersisa musim ini.

Liga mengatakan pada Selasa (7/5/024) bahwa dewan banding telah menguatkan keputusan yang diambil oleh komisi independen pada bulan Maret, yang menjatuhkan Forest ke zona degradasi. Forest sejak itu bangkit kembali dari tiga terbawah dan berada di peringkat 17 dalam liga yang berisi 20 tim, tiga poin di atas zona degradasi.

Forest dinyatakan melanggar peraturan profitabilitas dan keberlanjutan liga yang mencakup periode 2020-2023. Klub ini hanya berada di Liga Premier untuk salah satu musim tersebut, 2022-23, dan diizinkan mengalami kerugian hingga 61 juta pound pada tahun itu, yang merupakan kali pertama mereka kembali ke Liga Primer Inggris sejak 1999. Namun Forest melampaui ambang batas sebesar 34,5 juta pound.

Klub mengajukan banding atas dua alasan — bahwa komisi gagal menganggap penjualan Brennan Johnson senilai 47,5 juta pound segera setelah periode penilaian tiga tahun berakhir sebagai faktor yang meringankan. Kemudian beberapa atau seluruh poin dikurangi seharusnya ditangguhkan.

“Masing-masing alasan tersebut ditolak oleh dewan banding, yang menyimpulkan bahwa komisi independen berhak untuk segera menjatuhkan sanksi yang mereka lakukan,” kata Liga Primer dalam sebuah pernyataan. Oleh karena itu, pengurangan empat poin akan tetap berlaku.

Forest masih harus menghadapi Chelsea di kandang dan pertandingan tandang terakhir melawan Burnley, dan dijamin akan tetap bertahan jika mereka meraih setidaknya empat poin dari pertandingan tersebut.

Sebagian besar upaya mitigasi Forest berpusat pada upaya klub untuk menjual Johnson, salah satu pemain topnya, setelah musim lalu selesai. Forest menyadari bahwa hal itu akan melanggar peraturan dan perlu menjual dia atau pemain berharga lainnya selambat-lambatnya pada batas waktu 30 Juni agar transfer apa pun dapat dimasukkan dalam angka untuk periode penilaian keuangan tiga tahun.

Forest menolak tawaran Johnson dari Atletico Madrid dan Brentford pada atau sebelum 30 Juni dan akhirnya menjualnya ke Tottenham pada 1 September. Pada saat itu, klub telah melanggar peraturan.

Dewan banding yang beranggotakan tiga orang tidak menganggap Forest memberikan bayaran yang lebih tinggi kepada Johnson sebagai faktor yang meringankan.

Empat tim terbawah Klasemen Liga Primer Inggris

Posisi Tim Main Gol Poin

17 FOREST 36 -18 29

18 LUTON 36 -29 26

19 BURNLEY 36 -35 24

20 *SHEFFIELD 36 -65 16

*degradasi

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Arsenal Arsenal 0 0 0 0 0 0 0
2 Aston Villa Aston Villa 0 0 0 0 0 0 0
3 Chelsea Chelsea 0 0 0 0 0 0 0
4 Everton Everton 0 0 0 0 0 0 0
5 Fulham Fulham 0 0 0 0 0 0 0
sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement