Selasa 14 May 2024 18:52 WIB

Eks Gelandang Arsenal Berharap Tottenham Berjuang Keras Kalahkan City demi Pride

Tottenham masih punya peluang lolos ke Liga Champions jika mengalahkan City.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Para pemain Tottenham Hotspur (ilustrasi).
Foto: AP
Para pemain Tottenham Hotspur (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan gelandang Arsenal Gilberto Silva ikut menyoroti persaingan sengit mantan timnya dengan Manchester City dalam perebutan gelar juara Liga Primer Inggris musim ini. Kebetulan, ada nama Tottenham Hotespur, rival sekota Arsenal, yang ikut terkait dan punya posisi krusial terhadap ini.

Tottenham akan menjamu City pada laga pekan ke-37 Liga Primer Inggris musim ini di Stadion Tottenham Hotspur, London, Rabu (15/5/2024) dini hari WIB. Jika City gagal menang, maka the Gunners tetap berada di singgasana klasemen sementara. 

Baca Juga

Saat ini, the Sky Blues masih di kursi runner up. Dengan mengantongi 85 poin, skuad polesan Pep Guardiola tertinggal satu angka di belakang Arsenal di puncak. Namun Man City punya satu laga tunda pekan ke-34 yang baru akan dimainkan menjelang pekan pamungkas Liga Primer Inggris 2023/2024.

Artinya, kans Erling Haaland dan rekan-rekan untuk menggeser sang rival terbuka lebar. Sebaliknya, hasil imbang saja membuat the Citizens tidak beranjak dari posisinya saat ini, terlebih kalah.

Gilberto menilai, semua kembali pada Tottenham. Menurut dia, ini bukan sekadar laga untuk membuka peluang Arsenal menjadi juara. Lebih dari itu, tuan rumah juga punya kepentingan untuk memperlihatkan komitmen ketika mentas di pertandingan besar.

"Ini bukan soal membantu Arsenal atau tidak. Ini lebih tentang harga diri mereka, memenangkan pertandingan penting, mendapatkan hasil bagus karena mereka memulai musim dengan baik, dan kemudian performa mereka naik-turun," kata mantan gelandang berkebangsaan Brasil itu, dikutip dari laman Mirror, Selasa (14/5/2024).

Spurs baru saja menang 2-1 atas Burnley. Hasil ini memberikan angin segar untuk tim polesan Ange Postecoglou. Sebelumnya, the Lilywhites tumbang pada empat partai beruntun. Peluang Spurs lolos ke Liga Champions musim depan juga masih terjaga walau tak terlalu besar.

"Mereka kesulitan di beberapa pertandingan terakhir. Jadi pertanyaan ini untuk mereka. Sekali lagi, dari pihak City, mereka akan memberikan segalanya," ujar Gilberto.

Jika duel berkesudahan imbang, maka poin Arsenal dan Manchester City bakal sama. The Gunners unggul selisih gol. Ini akan membuat persaingan memperebutkan trofi memanas hingga pekan pamungkas.

Gilberto kemudian secara khusus membahas performa para juniornya. Ia melihat pasukan Mikel Arteta tampil solid sepanjang musim ini bergulir. Arteta dinilai mampu mengendalikan para pemain dengan baik.

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Arsenal Arsenal 0 0 0 0 0 0 0
2 Aston Villa Aston Villa 0 0 0 0 0 0 0
3 Chelsea Chelsea 0 0 0 0 0 0 0
4 Everton Everton 0 0 0 0 0 0 0
5 Fulham Fulham 0 0 0 0 0 0 0
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement