Sabtu 18 May 2024 07:02 WIB

Animo Masyarakat Diprediksi Tinggi Saksikan UCI MTB 2024 di Palangka Raya

Pesepeda dunia bakal unjuk keahlian dalam Union Cycliste Internationale.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Direktorat Pengamanan (Dit Pam) Objek Vital Polda Kalimantan Tengah Kombes Pol Elijas Hendra.
Foto: Dok. Republika
Direktorat Pengamanan (Dit Pam) Objek Vital Polda Kalimantan Tengah Kombes Pol Elijas Hendra.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Pesepeda dunia bakal unjuk keahlian dalam Union Cycliste Internationale (UCI) Mountain Bike (MTB) Eliminator World Cup 2024 di Palangka Raya, Ahad (19/5/2024). Ketua Harian Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kalimantan Tengah, Rahmat Nasution memprediksi animo masyarakat tinggi untuk menyaksikan event tersebut. 

Ajang yang akan berlangsung di area luar Stadion Tuah Pahoe itu ditargetkan akan dimeriahkan oleh 5 ribu penonton. Pasalnya, event balap sepeda itu digelar bersamaan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kalimantan Tengah ke-67. Dengan begitu, masyarakat yang ingin datang dapat menyaksikannya secara gratis.

Baca Juga

"Ini kami berikan rasa senang, rasa gembira kepada masyarakat, dan ini kami gratiskan. Kuota penonton sampai 5 ribu," kata Rahmat Nasution di Palangka Raya, Jumat (17/5/2024).

Dia mengatakan bakal ada 61 pesepeda dari berbagai negara yang akan ambil bagian dalam ajang itu, 47 dari luar negeri dan 14 dari Indonesia. Awalnya, kata dia, ditargetkan 65 negara dapat terlibat, tetapi ada yang berhalangan hadir.

"Iya, betul. Jadi, anggota UCI Itu sekitar 65 negara. Kemarin itu memastikan hadir. Namun, di akhir-akhir itu mereka melihat mungkin ada kendala-kendala  penerbangan dan juga kendala jaraknya juga," kata dia.

Di sisi lain, Rahmat berharap pembalap Indonesia dapat unjuk gigi untuk merebut podium di ajang tersebut untuk menunjukkan kekuatan mereka sebagai tuan rumah dalam UCI MTB Eliminator World Cup 2024.

"Kontingen Indonesia ini antusiasnya besar nih. Karena mulai tahun kemarin mereka bisa ambil podium kan. Dua kali berturut-turut, Indonesia ambil podium terus.  Mudah-mudahan di edisi yang ketiga ini bisa ambil podium lagi. Ya, walaupun tiga atau berapa, yang penting ambil podium lah,"ucapnya.

Di lain pihak, Kombes Pol Elijas Hendra selaku Direktorat Pengamanan (Dit Pam) Objek Vital Polda Kalimantan Tengah mengatakan pengamanan sudah siap sepenuhnya untuk ajang tersebut. "Jadi, kami dari Polda Kalimantan Tengah sebagai pihak pengamanan bersama TNI dan Satpol PP serta Panitia menyampaikan kepada bahwa dari segi keamanan sudah 100 persen siap," katanya.

Tidak hanya itu, pihaknya pun sudah berkoordinasi dengan bagian medis untuk menempatkan ambulance di beberapa titik sirkuit. "Sudah ada 11 ambulance, kami siapkan. Kemudian tim kesehatan kami sebar di seluruh lapangan dan ada satu medical center untuk yang lecet-lecet," ujarnya menambahkan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement