Sabtu 18 May 2024 20:59 WIB

Hajar Bali United, Persib Melangkah ke Final untuk Perebutkan Gelar Juara Liga 1 2023/2024

Persib membantai Bali United dengan skor 3-0 pada leg kedua.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Winger Persib Bandung Febri Hariyadi.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Winger Persib Bandung Febri Hariyadi.

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Persib Bandung membantai Bali United, 3-0 pada leg kedua semifinal Championship Series Liga 1 Indonesia musim 2023/24. Hasil di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Sabtu (18/5/2024) malam WIB itu, membuat Persib melaju ke partai puncak. Sebelumnya, leg pertama di Gianyar, berkesudahan imbang 1-1.

Sejak awal, pertandingan berlangsung sangat ketat. Maung Bandung mencoba mendominasi. Kubu tamu lebih banyak menunggu, lalu merancang serangan balik.

Baca Juga

Tak ada celah bagi kedua tim untuk bersantai. Alur permainan terasa cepat. Duel-duel keras terlihat.

Bobotoh di luar lapangan sangat membantu tuan rumah. Suara suporter menggelegar. Di sisi lain, hal itu berpotensi mengintimidasi Serdadu Tridatu.

Terus menekan, laskar Pangeran Biru akhirnya memimpin setelah setengah jam laga berjalan. Berawal dari situasi sepak pojok. Marc Klok mengirimkan umpan ke kotak penalti lawan.

Bola yang datang disambut Nick Kuipers dengan sundulan. Ciro Alves meneruskan upaya rekannya, juga lewat tandukan, di menit ke-31. Jala Bali United bergetar.

Wasit sempat mengecek keabsahan gol tersebut. Ada koordinasi dengan petugas VAR. Setelah beberapa menit, sang pengadil memastikan gol Alves sah.

Pertandingan terus berlanjut. Persib Bandung mendapatkan angin segar. Dalam keadaan memimpin, skuad polesan Bojan Hodak tak mengendurkan tekanan.

Hasilnya berbuah manis. Pada menit ke-39, tuan rumah memperlebar jarak. Kali ini lewat aksi Febri Hariyadi.

Setelah mendapatkan umpan terukur rekannya, Febri lantas melepaskan tembakan. Kiper BUFC, Adilson Maringa sempat menepis. Sayang, tepisan Adilson belum bisa menggagalkan gawangnya dari kebobolan.

Satu langkah Persib sudah di final. Bobotoh semakin menampakkan kegembiraannya. Di kubu sebelah, Serdadu Tridadu belum menemukan cara yang tepat untuk benar-benar menebar ancaman ke pertahanan sang rival.

Di sisa waktu yang ada, tak terlihat perubahan berarti. Skor 2-0 untuk keunggulan Maung Bandung bertahan sampai turun minum. Menarik dinantikan bagaiman jalannya pertandingan ini, pada babak kedua nanti.

Selepas jeda, Bali United berinisiatif mengambil kendali. Skuad polesan Stefano Cugurra menaikkan garis pertahanan. Kubu tamu sempat menebar ancaman.

Upaya BUFC cukup beresiko. Ada lubang di pertahanan mereka. Situasi demikian, dimanfaatkan tuan rumah.

Pada menit ke-70, justru Persib yang menambah keunggulan. Kali ini lewat upaya Edo Febriansah. Setelahnya, Serdadu Tridatu tak memiliki pilhan lain.

Eber Bessa dan rekan-rekan mengurung pertahanan Maung Bandung. Namun, sampai duel usai, berbagai serangan tim tamu mengalami kebuntuan. Skor 3-0 untuk keunggulan laskar Pangeran Biru tetap bertahan.

Hasil ini membuat Persib lolos ke final. Secara keseluruhan anal asuh Bojan Hodak unggul agregat 4-1. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement