Senin 20 May 2024 00:54 WIB

Sejarah, Manchester City Juara Liga Primer Inggris Empat Musim Berturut-turut

Manchester City mengalahkan West Ham United 3-1.

Manchester City juara Liga Primer Inggris 2023/2024.
Foto: Twitter Man City
Manchester City juara Liga Primer Inggris 2023/2024.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Manchester City memastikan gelar juara Liga Primer Inggris 2023/24 setelah menang 3-1 atas West Ham pada matchday terakhir di Stadion Etihad, Manchester, Ahad (19/5/2024).

Man City dipastikan juara dengan meraih 91 poin dari 38 pertandingan, unggul dua angka dari Arsenal yang juga meraih kemenangan 2-1 atas Everton pada waktu yang sama, demikian yang dikutip dari laman resmi Liga Inggris.

Baca Juga

Man City mengukir rekor meraih empat gelar Liga Primer Inggris berturut-turut sekaligus gelar ke-10 di sepanjang sejarah klub.

The Citizens tidak membuang-buang waktu, langsung mencetak gol saat laga baru memasuki menit kedua. Phil Foden melepaskan tendangan spektakuler dari luar kotak penalti untuk membawa Citu unggul cepat.

 

The Citizens semakin dekat dengan gelar juara setelah Foden menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-18. Foden mencetak brace setelah memaksimalkan aksi individu Jeremy Doku yang kemudian memberikan bola ke gelandang timnas Inggris tersebut di kotak penalti.

Sementara itu, Arsenal masih belum bisa memecahkan kebuntuan hingga pertengahan babak pertama laga di Stadion Emirates, London.

The Gunners justru hampir kebobolan pada menit ke-30. Sebuah serangan balik diakhir dengan tendangan Calvert-Lewin, tetapi bola masih mengenai mistar gawang.

Arsenal kemasukan gol pada menit ke-40 lewat tendangan bebas Idris Gueye sebelum mengenai Declan Rice dan mengarah ke pojok atas gawang.

 

Keunggulan Everton hanya bertahan empat menit. Takehiro Tomiyasu mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan umpan dari Martin Odegaard. Arsenal 1-1 Everton.

Di Etihad, West Ham berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1. Gol The Hammer tercipta pada menit ke-42 melalui tendangan salto Mohammed Kudus di dalam kotak penalti.

Man City mengakhiri babak pertama dengan keunggulan 2-1 atas West Ham, sedangkan Arsenal imbang 1-1 lawan Everton.

City semakin dekat dengan gelar juara setelah mencetak gol ketiga mereka pada menit ke-59. Sebuah cutback Bernardo Silva dituntaskan dengan tendangan Rodri ke pojok bawah gawang. Kiper Alphonse Areola sebenarnya bisa menyentuh bola, tetapi tak bisa mencegahnya masuk. Skor menjadi 3-1 untuk tim asuhan Pep Guardiola.

Arsenal harus mencetak gol lagi ke gawang Everton dan West Ham harus dua kali menjebol City bila ingin tetap mempertahankan asa juara Liga Premier Inggris.

Arsenal nyaris mencetak gol, andai saja tendangan voli pemain pengganti Emile Smith Rowe tidak mengenai mistar gawang.

Pada menit ke-89, Arsenal akhirnya bisa berbalik unggul 2-1 berkat gol Kai Havertz setelah menyelesaikan bola dari Martin Odegaard. Namun, gol tersebut tidak menjamin Arsenal menjadi juara musim ini karena harus berharap bantuan the Hammers

Tidak ada gol tambahan yang tercipta di Etihad. Man City memastikan meraih gelar juara musim ini berkat kemenangan 3-1 atas West Ham United.

 

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Arsenal Arsenal 0 0 0 0 0 0 0
2 Aston Villa Aston Villa 0 0 0 0 0 0 0
3 Chelsea Chelsea 0 0 0 0 0 0 0
4 Everton Everton 0 0 0 0 0 0 0
5 Fulham Fulham 0 0 0 0 0 0 0
sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement