Senin 20 May 2024 22:04 WIB

Tagar #ModalFinal oleh Bobotoh Persib, Rela Jual Barang Demi Dukung Tim Kesayangan

Sayangnya upaya mendukung langsung di final away tak akan terwujud musim ini.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pendukung Persib Bandung atau bobotoh mengibarkan bendera Palestina.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Pendukung Persib Bandung atau bobotoh mengibarkan bendera Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung telah memastikan tiket ke final Championships Series Liga 1 2023/2024 dengan menyingkirkan Bali United di babak semifinal yang berlangsung dalam dua leg. Setelah bermain imbang 1-1 di leg pertama, Maung Bandung memetik kemenangan 3-0 saat menjamu Bali United di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (18/5/2024).

Di babak final, Persib akan menghadapi Madura United yang menang dengan agregat 4-2 atas Borneo FC. Suporter Persib atau yang biasa dikenal sebagai Bobotoh tentu tak sabar menanti pertandingan final yang akan kembali digelar dalam dua leg tersebut, leg pertama di Bandung, Ahad (26/5/2024) dilanjutkan dengan leg kedua di Bangkalan, Jumat (31/5/2024).

Baca Juga

Final ini mengembalikan memori bobotoh ke masa Indonesia Super League (ISL) 2014 saat Persib sukses mengamankan tiket ke final yang kala itu akan digelar di Palembang melawan Persipura Jayapura. Antusiasme tinggi mendorong para Bobotoh untuk mencari modal untuk mendukung secara langsung tim jagoan di partai puncak tersebut. Saat itu, Tagar #ModalFinal pun menjadi trending di Twitter (sekarang X).

Dalam Tagar #ModalFinal saat persiapan kesebelasan Persib menuju final ISL pada 7 November 2014, para Bobotoh rela menjual barang-barang kesayangan mereka untuk modal perjalanan ke Palembang. Beragam barang mulai dari Slsepatu, kaus, handphone, hingga televisi semuanya dijual atau digadai untuk bisa membiayai mereka pergi ke Palembang. 

Bahkan Ridwan Kamil yang kala itu menjabat sebagai Wali Kota Bandung melelang kaus kesayangannya untuk membantu para bobotoh. "Saya melelang kaos kesayangan jaman Pilkada ini untuk biaya bobotoh yang overstay di Palembang. Mulai Rp1 juta. Mau? #modalfinal," kata dia melalui X (saat itu Twitter) pada Rabu 6 November 2014.

Namun, animo bobotoh untuk menempuh perjalanan jauh dalam laga tandang tak akan bisa terwujud di Liga 1 2023/2024. Pasalnya di musim ini PSSI memiliki aturan yang melarang suporter untuk memberikan dukungan tandang. Bobotoh Persib hanya bisa menyaksikan pertandingan dari layar kaca saat Persib melakoni leg kedua di Stadion Bangkalan, Jumat (31/5/2024).

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement