Senin 20 May 2024 23:08 WIB

UCI MTB 2024 Tuntas Digelar, Palangka Raya Diharapkan Jadi Tuan Rumah Lagi Tahun Depan

Brown bersyukur bisa menjuarai seri ketiga dalam delapan kalender balap 2024.

Ajang balap sepeda gunung, Union Cycliste Internationale (UCI) Mountain Bike (MTB) sukses digelar untuk ketiga di Sirkuit SG 1973 Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Ahad (19/5/2024).
Foto: Dok. Republika
Ajang balap sepeda gunung, Union Cycliste Internationale (UCI) Mountain Bike (MTB) sukses digelar untuk ketiga di Sirkuit SG 1973 Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Ahad (19/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Ajang balap sepeda gunung, Union Cycliste Internationale (UCI) Mountain Bike (MTB) sukses digelar untuk ketiga di Sirkuit SG 1973 Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Ahad (19/5/2024). Lochlan Brown (Selandia Baru) keluar sebagai juata kategori putra, sementara putri direbut oleh Didi de Vries (Belanda).

Brown bersyukur bisa menjuarai seri ketiga dalam delapan kalender balap 2024 tersebut. "Ya, balapannya luar biasa, saya tidak bisa menjadi lebih baik lagi, untuk saya, ini adalah World Cup pertama saya dan kemenangan World Cup pertama saya," kata Lochlan Brown kepada awak media, Ahad (19/5/2024).

Baca Juga

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran mengaku sangat senang dengan antusias masyarakat Palangka Raya untuk menyukseskan UCI MTB 2024. Ia menegaskan kesuksesan penyelenggaraan event tersebut juga berkat dukungan penuh dari masyarakat.

"Indonesia sudah tiga kali dipercaya menjadi tuan rumah turnamen ini sebanyak 3 kali sejak 2022. Ini merupakan kepercayaan Internasional karena Indonesia satu-satunya negara Asia yang menjadi tuan rumah. Insya Allah kami akan jaga turnamen ini," kata Sugianto Sabran di Palangka Raya, Ahad (19/5/2024). 

Dia berharap dengan menggelar ajang tersebut maka Palangka Raya akan lebih dikenal dan dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. "Ajang ini juga sebagai memperkenalkan wisata dan budaya Kalteng. Tujuannya agar mereka tahu bahwa Indonesia bukan hanya Bali, Jakarta dan kota-kota lainnya,"katanya.

Sugianto juga berharap ajang itu dapat berlangsung kembali di Palangka Raya pada tahun depan. Dia pun berterima kasih selama tiga tahun terakhir ajang itu telah dipercaya menjadi tuan rumah. "Insya Allah di tahun 2025 nanti semoga Indonesia bisa dipercaya lagi untuk menjadi tuan rumah. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada CEO UCI, Pak Kristof dan masyarakat Kalteng," ucapnya.

Sementara itu, Didi de Vries mengatakan menjadi juara adalah capaian luar biasa buatnya. Dia pun cukup berkesan dengan Kalimantan Tengah meskipun singkat berada di sana. "Saya sangat senang memenangkan balapan pada hari ini, ini adalah salah satu pencapaian terbesar saya di tahun ini, saya sangat senang. Ini luar biasa, ini 'gila' bisa menang di sini," ujarnya.

 

Berikut daftar juara UCI MTB Eliminator World Cup 2024 Palangka Raya, Kalimantan Tengah:

 

- Putra

Juara: Lochlan Brown (Selandia Baru)

Peringkat kedua: Riyadh Hakim (Singapura)

Peringkat ketiga: Theo Hauser (Austria)

Peringkat keempat: Lorenzo Serres (Prancis)

 

- Putri

Juara: Didi de Vries (Belanda)

Peringkat kedua: Madison Boissiere (Prancis)

Peringkat ketiga: Deekaballes Vipavee (Thailand)

Peringkat keempat: Amparo Chapa Lloret (Spanyol)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement