Sabtu 25 May 2024 23:09 WIB

Aleix Espargaro Juarai Sprint Race GP Catalunya, Marquez dan Acosta Podium

Aleix Espargaro memulai balapan dari pole position.

Aleix Espargaro
Foto: EPA-EFE/RUNGROJ YONGRIT
Aleix Espargaro

REPUBLIKA.CO.ID, CATALUNYA -- Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro menjuarai sesi Sprint MotoGP Catalunya di Sirkuit Barcelona-Catalunya pada Sabtu setelah mendapatkan ‘hadiah’ dari tiga pemimpin balapan sebelumnya yang terjatuh. Ini juara Sprint kedua beruntun Espargaro di Catalunya yang sekaligus melanjutkan performa impresifnya  pada seri ini di mana ia selalu menjadi yang tercepat di latihan bebas 2 (FP2), latihan bebas 3 (FP3), dan kualifikasi. 

Memulai balapan dari pole position, pembalap yang baru-baru ini mengumumkan pensiun dari MotoGP akhir musim ini itu tidak memulai balapan Sprint dengan tidak baik. Selepas start, ia menghuni posisi kelima klasemen yang dipuncaki Francesco Bagnaia. 

Tiga pembalap teratas yang diisi Bagnaia, rookie Pedro Acosta, dan Raul Fernandez bergantian memimpin balapan hingga akhirnya Raul yang start dari P3 memimpin balapan 12 lap ini. Namun, pembalap Trackhouse Racing itu mendapatkan petaka pada lap keenam karena terjatuh sehingga Brad Binder yang berada pada posisi kedua mengambil alih balapan.

Hanya memimpin selama satu lap, pembalap asal Afrika Selatan itu lalu mengikuti jejak Raul yang terjatuh saat memimpin balapan, ketika terjatuh di tikungan kelima. Bagnaia pun menjadi pemimpin balapan, diikuti Acosta, dan Espargaro yang menguntit pada posisi ketiga. 

Di lap kedelapan, Espargaro mengambil alih posisi Acosta untuk posisi kedua. Pembalap 34 tahun itu lalu terus memacu motornya untuk mendekati Bagnaia yang memimpin balapan. Saat memasuki lap terakhir sang juara bertahan kehilangan keseimbangan pada tikungan kelima dan bernasib sama seperti Raul dan Binder. 

Espargaro pun tak menyianyiakan kesempatan di beberapa tikungan tersisa untuk meraih juara Sprint-nya di Catalunya seperti pada musim lalu. “Tujuan saya adalah terus mengejarnya (Bagnaia) hingga tikungan terakhir tiba dan saya sangat senang,” kata Espargaro setelah balapan Sprint dalam laman MotoGP pada Sabtu (25/5/2024). 

Di posisi kedua, Marc Marquez yang start dari P14 kembali menunjukkan aksinya dengan back to back mengamankan P2 Sprint setelah di Le Mans, Prancis, setelah mengasapi Acosta di tikungan kanan setelah trek lurus pada lap terakhir. Acosta yang bernafsu memenangi Sprint perdananya harus puas berada podium ketiga. 

Sementara itu, pimpinan klasemen Jorge Martin finis pada posisi keempat, diikuti rekan Bagnaia, Enea Bastianini, pada posisi kelima. Kemenangan ini membuat Espargaro berada pada posisi kedelapan klasemen dengan 63 poin, sedangkan Marquez, podium kedua Sprint membuatnya menggeser Bagnaia dari posisi kedua klasemen dengan 98 poin, memangkas jarak menjadi 37 poin dari Martin. 

Lalu untuk Acosta, podium ketiga Sprint membuatnya meraih 80 poin yang masih tak mengubahnya pada posisi keenam. Balapan utama dengan 24 lap GP Catalunya akan dimainkan pada Ahad (26/5/2024) pukul 19.00 WIB.

 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement