Selasa 28 May 2024 20:38 WIB

Thibaut Courtois tidak Masuk Skuad Belgia untuk Euro 2024

Courtois masih dalam pemulihan kebugaran fisik setelah cedera.

Penjaga gawang Real Madrid Thibaut Courtois.
Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Penjaga gawang Real Madrid Thibaut Courtois.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjaga gawang Real Madrid Thibaut Courtois dipastikan tidak masuk dalam skuad Belgia untuk Euro 2024. Ia masih dalam pemulihan kebugaran fisik setelah hampir sepanjang musim Liga Spanyol mengalami cedera.

Pemain berusia 32 tahun itu mengalami cedera ligamen di lutut kiri pada Agustus 2023. Ia kemudian mengalami cedera meniskus pada Maret. 

Baca Juga

Dengan kondisi itu, mantan kiper Chelsea tersebut baru kembali bermain pada awal Mei. Ia juga telah menjadi starter dalam empat dari lima pertandingan terakhir Madrid musim ini di La Liga.

Pelatih Belgia Domenico Tedesco mengatakan walaupun pemain anyar itu sudah mulai bermain di liga, kondisinya akan sangat berbeda terkait kebutuhan tim nasional untuk ajang internasional empat tahunan nanti.

 

"Dia (Courtois) sudah jujur kepada saya. Dia mengenal tubuhnya. Memainkan tiga atau empat pertandingan adalah satu hal, tetapi ikut dalam Euro adalah hal lain. Dia belum siap untuk Euro dan kami harus bermain dengan pemain yang mampu," kata Tedesco, dikutip AFP, Selasa (28/5/2024).

Dengan absennya kiper senior tersebut, Tedesco harus memilih kiper utama antara Koen Casteels dari Wolfsburg, Matz Sels dari Nottingham Forest, atau Thomas Kaminski dari Luton Town.

Sedangkan, untuk bek atau gelandang veteran Atletico Madrid Axel Witsel dipastikan masuk dalam skuad meski telah berusia 35 tahun.

"Kami membutuhkannya. Dia berpengalaman dan bisa membantu para pemain muda, baik dia bermain atau tidak," ujar Tedesco yang juga memanggil bek tengah Anderlecht berusia 37 tahun, Jan Vertonghen, dan gelandang Atletico berusia 19 tahun, Arthur Vermeeren.

Dalam Euro 2024 yang diselenggarakan di Jerman pada 14 Juni sampai 14 Juli, Belgia tergabung di Grup E bersama Slovakia, Rumania, dan Ukraina.

Untuk persiapan Euro, skuad Die Routen Teufel akan memainkan pertandingan persahabatan melawan Montenegro pada 5 Juni dan Luksemburg tiga hari kemudian, sebelum berangkat ke Jerman untuk mengikuti turnamen tersebut.

Berikut daftar skuad Belgia untuk Euro 2024:

Kiper: Koen Casteels (Wolfsburg), Thomas Kaminski (Luton Town), Matz Sels (Nottingham Forest)

Bek: Timothy Castagne (Fulham), Maxim De Cuyper (Club Brugge), Zeno Debast (Anderlecht), Wout Faes (Leicester City), Thomas Meunier (Trabzonspor), Arthur Theate (Rennes), Jan Vertonghen (Anderlecht), Axel Witsel (Atletico Madrid)

Gelandang: Kevin De Bruyne (Manchester City), Orel Mangala (Lyon), Amadou Onana (Everton), Youri Tielemans (Aston Villa), Arthur Vermeeren (Atletico Madrid), Aster Vranckx (Wolfsburg)

Penyerang: Johan Bakayoko (PSV Eindhoven), Yannick Carrasco (Al Shabab), Charles De Ketelaere (Atalanta), Jeremy Doku (Manchester City), Romelu Lukaku (Roma), Dodi Lukebakio (Sevilla), Lois Openda (RB Leipzig), Leandro Trossard (Arsenal).

 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement