Rabu 29 May 2024 13:52 WIB

Menpora Sebut Wushu dan Kickboxing Jadi Andalan Indonesia Raih Medali Multievent

Kemenpora tengah menyiapkan Sentra Pembinaan Atlet Usia Muda.

Pewushu Indonesia Harris Horatius.
Foto: NOC. Indonesia
Pewushu Indonesia Harris Horatius.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan, cabang olahraga wushu dan kickboxing menjadi andalan Indonesia untuk meraih medali emas dalam ajang internasional seperti SEA Games dan Asian Games. 

Ia membeberkan, prestasi yang diraih wushu dan juga kickboxing di ajang SEA Games Kamboja 2023 yang mampu meraih target medali, menandakan bila kedua cabang olahraga itu melakukan pembinaan dengan baik.

Baca Juga

"Wushu sudah menjadi tulang punggung kontingen Indonesia pada setiap kejuaraan SEA Games maupun Asian Games, begitu juga dengan kickboxing," kata Dito dalam laman Kemenpora yang dipantau ANTARA di Jakarta, Rabu, saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) dan Pengurus Pusat Kickboxing Indonesia (PP KBI) di Artotel Gelora Senayan.

Ia turut mengapresiasi kegiatan rakernas tersebut, karena mampu berinovasi dengan dijadikan satu momen bersama untuk tujuan meningkatkan medali. Lebih lanjut dia mengatakan, Kemenpora tengah menyiapkan Sentra Pembinaan Atlet Usia Muda atau Cibubur Youth Athlete Training Center (CYATC) yang ditarget selesai pada tahun ini. 

"Fasilitas itu untuk memantapkan pembinaan atlet-atlet muda agar bisa latihan di sana. Apalagi wushu ini kan salah satu cabang olahraga yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), tentu kami akan dukung penuh untuk pembinaan," ujar menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju itu.

Dito berharap dengan fasilitas yang ada, pembinaan wushu dan kickboxing ke depan bisa lebih baik lagi, sehingga Indonesia bisa kembali menjadi Macan Asia dalam setiap kejuaraan.

Selain itu, Presiden Jokowi juga telah menginstruksikan Kemenpora untuk mencari event kelas dunia guna dibawa ke Indonesia, sehingga bisa menunjang prestasi dan mengenalkan Tanah Air di mata negara luar.

Ketua Umum PB WI sekaligus Dewan Pembina PP KBI, Airlangga Hartarto, bertekad ke depannya wushu dan kickboxing bisa meningkatkan prestasi. Melalui rakernas itu, dia ingin setiap pengurus bisa bekerja lebih keras lagi.

"Kami ingin prestasi ini bisa ditingkatkan, atlet-atlet muda yang berprestasi kami dorong agar diberi kesejahteraan guna terjamin masa tuanya," ujar Airlangga.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement