Kamis 26 Nov 2020 05:58 WIB

Kembalinya Para Petarung

Mike Tyson akan melawan sesama legenda tinju kelas berat Roy Jones Jr

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Agung Sasongko
Mike Tyson
Foto: www.cheatsheet.com
Mike Tyson

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Ketika Mike Tyson mengumumkan ingin kembali naik ring di usia 53 tahun Mei lalu seluruh pecinta tinju dunia terkejut. Bukan karena tak percaya, melainkan mereka justru menyambut Tyson kembali naik ring. Mereka merindukan aksi Iron Mike setelah pensiun pada 2005 lalu.

Tyson merupakan legenda tinju kelas berat. Tubuhnya yang tak terlalu tinggi namun dia memiliki pukulan kuat. Ia juga tak senang berlama-lama bertarung di atas ring sehingga dengan secepat mungkin Tyson berusaha mengalahkan lawannya.

Setelah menyatakan ingin kembali naik ring, Tyson sering mengunggah video latihan. Ia memamerkan bentuh tubuh kekarnya serta kecepatan pukulan. Itu sebuah pesan dari Tyson bahwa fisiknya masih kuat bertarung sekaligus jawaban atas sebagian orang yang mengkhawatirkan kesehatannya.

Presiden UFC Dana White adalah sahabat Tyson yang mengkhawatirkan kesehatannya jika kembali naik ring karena faktor usia. White bahkan meminta Tyson mengurungkan niatnya. “Aku mencintai Mike Tyson, aku memohon padanya untuk tidak pergi bertarung. Saya berkata, ‘Kamu terlihat luar biasa, kami masih eksplosif, kami jelas masih kuat, kamu salah satu yang hebat sepanjang masa’,” kata White beberapa bulan lalu, dilansir dari Dailymail, Rabu (25/11).

Tetapi bukan Tyson jika tak ragu atas keputusannya. Ia tak peduli dengan kekhawatiran sejumlah sahabatannya. Ia terus mencari lawan tanding dan mendengungkan bahwa dirinya masih kuat meninju wajah seseorang.

Sejumlah nama sebagai calon lawan Tyson pun sempat bermunculan seperti Evander Holyfield, Tyson Fury, Juiseppe Angelo Cusumano, legenda UFC Wanderlei Silva dan Tito Ortiz. Namun pada akkhirnya Tyson akan melawan sesama legenda tinju kelas berat Roy Jones Jr pada 28 November 2020 di California dalam pertarungan eksibisi.

Jelang comeback-nya yang tinggal menghitung hari, Tyson kembali mengunggah video latihan.  Video tersebut diunggah oleh pelatihnya Rafael Cordeiro yang merupakan mantan MMA. 

“Hei, lagu atau film apa yang membuatmu bersemangat, sayang?! Ayo, bung, itu aku? Itu yang kamu anggap aku? Anda menganggap saya pelacur? Ini atas nama pertempuran, kami ingin membunuh satu sama lain, bung,” kata Tyson kepada Jones berapa hari lalu.

Tak hanya Tyson, Conor McGregor juga memutuskan kembali bertarung setelah menyatakan pensiun pada 6 Juni lalu. Dia telah menandatangani kesepakatan melawan Dustin Poirier Januari nanti. McGregor yang tak pernah bertarung sejak mengalahkan Donald Cerrone pada Januari tahun lalu. 

McGregor salah satu bintang UFC dan selalu menjadi daya tarik penggemar UFC.  Sejumlah petarung yang pernah menjadi lawan McGregor mengakui petarung asal Irlandia itu memiliki pukulan yang kuat. Dia juga lincah menghindari serangan lawan.

Dia bahkan disebut-sebut sebagai salah satu petarung UFC terganas di dunia. Karenanya, ketika dia memutuskan pensiun, MMA seperti kehilangan aset berharganya. Kini asetnya itu kembali dan Mcgregor menyatakan siap kembali bertarung.

"Saya sangat bersyukur bisa kembali dan melakukan apa yang saya sukai lagi," kata McGregor dikutip dari Reuters.

Nama Khabib Nurmagomedov juga mengirimkan sinyal untuk kembali bertarung. Petarung asal Dagestan Rusia itu sebelumnya memutuskan pensiun usai mengalahkan Justin Gathje Oktober lalu. Alasannya untuk menghormati ibunya untuk tak bertarung lagi. 

Di akun instagram pribadinya,  Khabib mengunggah sedang bersama bos UFC Dana Wihite dan menulis caption “Sampai Jumpa Lagi Dana White”. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement