Rabu 02 Nov 2022 23:53 WIB

Piala Presiden Esports 2022 Jadi Batu Loncatan Menuju IESF World Championship 2022

Ia melihat ekosistem esports sangat penting bagi generasi muda.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Deputi II Bidang Pembangunan Manusia, Kantor Staf Presiden (KSP), Abetnego Tarigan (tengah) mewakili pemerintah mengunjungi kantor PB Esports Indonesia (PBESI) di Jakarta, Rabu (2/11/2022).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Deputi II Bidang Pembangunan Manusia, Kantor Staf Presiden (KSP), Abetnego Tarigan (tengah) mewakili pemerintah mengunjungi kantor PB Esports Indonesia (PBESI) di Jakarta, Rabu (2/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Atlet Esports akan bersaing di ajang Piala Presiden Esports (PPE) 2022 yang akan diselenggarakan pada 11 hingga 13 November 2022 di Istora Senayan, Jakarta. Nantinya, tim terbaik di ajang tersebut akan mewakili Indonesia di IESF World Championship 2022 yang akan digelar di Bali, Indonesia, pada Desember 2022.

Menjelang event tersebut, Deputi II Bidang Pembangunan Manusia, Kantor Staf Presiden (KSP), Abetnego Tarigan mewakili pemerintah mengunjungi kantor PB Esports Indonesia (PBESI) di Jakarta, Rabu (2/11/2022). Kunjungan ini bertujuan untuk melihat persiapan PBESI menjelang berlangsungnya PPE dan meninjau persiapan IESF World Championship 2022. 

Baca Juga

Kunjungan ini diharap mampu memberikan persepsi positif kepada publik, yang masih awam akan esports. Ia melihat ekosistem esports sangat penting bagi generasi muda, dan memberikan bukti bahwa esports tidak hanya sekadar main game belaka.

"Dari awal kami melihat jika esports memang memiliki potensi dan sudah punya jejak prestasi, termasuk dalam ajang SEA Games 2021 yang lalu. Piala Presiden Esports 2022 ini merupakan ajang yang dikelola secara profesional dan melibatkan banyak atlet," kata Abetnego di Kantor PBESI, Jakarta Selatan, Rabu (2/11/2022).

''Kami berharap jika mereka bisa menyumbangkan berbagai prestasi. Kementerian-kementerian yang terkait sangat mendukung kehadiran esports bagi generasi muda," kata dia menambahkan. 

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Atlet dan Prestasi PBESI Yohannes Siagian mengungkap bahwa PBESI sedang berfokus dalam membangun ekosistem esports Tanah Air. Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan IESF World Championship 2022 sebagai lanjutan dari ekosistem esports yang sedang mereka kembangkan.

"PBESI sendiri juga turut serta dalam membantu menyebarkan informasi tentang acara Piala Presiden Esports 2022 ini. Kami juga kini sedang mempersiapkan acara lanjutannya, yaitu IESF World Championship 2022. Secara keseluruhan ini merupakan salah satu contoh ekosistem esports yang sedang kami coba kembangkan," kata Yohannes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement