Selasa 24 Jan 2023 23:13 WIB

Fernando Santos Diangkat Jadi Pelatih Timnas Polandia

Polandia menargetkan lolos ke Piala Eropa 2024 di Jerman.

Pelatih baru Polandia Fernando Santos
Foto: AP Photo/Martin Meissner
Pelatih baru Polandia Fernando Santos

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fernando Santo, yang melatih tim nasional Portugal hingga bulan lalu, pada Selasa (24/1/2023) ditunjuk sebagai pelatih baru timnas Polandia.

"Mulai hari ini, saya seorang Polandia," kata Santos dalam upacara resmi di Warsawa, seperti dikutip AFP. "Suatu kehormatan meneruskan karier saya sebagai pelatih di sini," kata dia.

Baca Juga

Santos (68) menggantikan Czeslaw Michniewicz, yang dipecat pada bulan lalu setelah penampilan pada babak 16 besar Piala Dunia di Qatar.

Polandia finis peringkat dua grup setelah mengalahkan Arab Saudi, imbang dengan Meksiko dan kalah dari Argentina yang menjadi juara dunia.

Pada laga 16 besar yang mereka jalani untuk pertama kalinya dalam 36 tahun, Polandia menyerah 1-3 dari Prancis yang muncul sebagai runner-up di Qatar.

Lahir di Lisbon, Santos mundur melatih Portugal pada Desember setelah kekalahan mengejutkan timnya dari Maroko di perempat final.

Ia ditunjuk melatih Portugal pada September 2014 dan mempersembahkan trofi turnamen mayor kepada negaranya setelah memenangi Euro 2016 kemudian diikuti dengan Nations League 2019.

Selama era kepelatihan Santos, Portugal juga gagal di 16 besar Piala Dunia 2018 dan Euro 2020.

"Pilihannya sulit tapi kami harus memilih yang terbaik," kata Cezary Kulesza, kepala federasi sepak bola Polandia. "Target kami adalah lolos kejuaraan Eropa," yang akan digelar di Jerman 2024, kata dia.

Santos juga pernah melatih Yunani pada 2010-2014.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement