Selasa 31 Jan 2023 16:58 WIB

Hasil Liga 1: PSS Sleman Kalahkan Barito Putera, Naik ke Posisi 11 Klasemen

PSS Sleman mengalahkan Barito Putera 2-1 dalam lanjutan Liga 1.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
BRI Liga 1, hasil pertandingan Selasa (31/1/2023), PSS Sleman mengalahkan Barito Putera 2-1.
Foto: Dok Liga Indonesia Baru
BRI Liga 1, hasil pertandingan Selasa (31/1/2023), PSS Sleman mengalahkan Barito Putera 2-1.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSS Sleman naik dua peringkat ke posisi 11 klasemen sementara Liga 1 2022/2023. Ini setelah Super Elang Jawa memetik kemenangan dalam laga pekan ke-21. PSS menaklukkan tuan rumah Barito Putera 2-1 di Stadion Demang Lehman, Martapura pada Selasa (31/1/2023) sore.

Dua gol PSS diborong oleh Yevhen Bokhashvili, Tuan rumah hanya bisa membalas melalui Aditya Putra Dewa. Hasil ini merupakan kemenangan PSS ketiga secara beruntun.

Baca Juga

PSS mengoleksi 25 poin dari 21 laga, sama dengan Persis Solo yang turun ke posisi 12. Adapun masih terpuruk di peringkat 17 atau di zona degradasi dengan koleksi 16 poin dari 20 pertandingan.

Jalannya laga Barito vs PSS

Permainan berlangsung dengan tempo sedang sejak menit awal babak pertama. Kedua tim bermain cukup disiplin. Jual beli serangan yang mereka pertontonkan selalu patah oleh lini belakang lawan masing-masing.

Pada menit ke-19, PSS mendapatkan peluang emas mencetak gol lewat tendangan bebas. Jonathan yang bertindak sebagai eksekutor nyaris mencetak gol andai tendangannya tak ditepis oleh kiper Barito. Pada menit ke-21, Barito berbalik mendapatkan peluang tetapi kiper M Ridwan menangkap bola peluang tersebut.

Setelah sejumlah peluang diciptakan oleh Super Elang Jawa, PSS akhirnya mencetak gol keunggulan melalui tembakan Yevhen Bokhashvili pada menit ke-33. Ia memanfaatkan assist Haris Tuharea.

Tertinggal satu gol, Barito meningkatkan tekanan guna menyamakan kedudukan. Pada menit ke-47, Bayu Pradana memiliki ruang tembak tetapi berhasil dblok pemain PSS. Hingga turun minum PSS mempertahankan keunggulan 0-1.  

Barito melakukan pergantian pemain di awal babak kedua. Mereka memasukkan Buyung Lessy menggantikan Kahar Musakkar. Namun Barito kesulitan menemukan celah untuk menyamakan kedudukan. Tuan rumah justru kebobolan untuk kedua kalinya lewat gol kedua Yehven.

Melalui skema serangan ceat dari sisi kanan pertahanan Barito, Irkham Mila mengirimkan umpam ke tiang dekat Barito yang disambut dengan sontekan Yehven pada menit ke-67 untuk menggandakan keunggulan. 

Barito langsung melakukan pergantian pemain usai gol kedua dari Yehven. Mereka memasukkan Patrick Warsiwor menggantikan Mike Ott. Namun mereka tetapi kesulitan menembus rapatnya pertahanan tim tamu.

Barito mempunyai kesempatan mengejar ketertinggalan ketika PSS bermain dengan 10 pemain karena Todd Ferre diganjar kartu merah setelah mendapatkan kartu kuning kedua akibat pelanggaran kerasnya kepada pemain tuan rumah pada menit ke-81.

Situasi tersebut berhasi dimanfaatkan oleh Barito dengan mereka mencetak gol tiga menit berselang melalui tembakan Aditya Dewa sekaligus membawa tuan rumah memperkecil ketertinggalan 1-2.

Barito terus berupaya memanfaatkan keunggulan pemain untuk menyamakan kedudukan. Namun hingga laga berakhir tak ada gol tambahan untuk kemenangan PSS 2-1 atas Barito.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement