Kamis 02 Feb 2023 07:06 WIB

Wasit Asal Cina Cetak Sejarah di Gelaran Piala Dunia Antarklub

Tim wasit Cina ini terdiri atas tiga wasit.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Wasit memberikan kartu merah (ilustrasi). Wasit asal Cina akan pimpin laga di Piala Dunia Antar Klub.
Foto: REUTERS
Wasit memberikan kartu merah (ilustrasi). Wasit asal Cina akan pimpin laga di Piala Dunia Antar Klub.

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH -- Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) telah menunjuk tiga wasit asal Cina untuk memimpin laga pembuka gelaran Piala Dunia Antarklub 2022, Kamis (2/2/2023) dini hari WIB. Selain tiga wasit tersebut, petugas asal Cina juga mendapatkan tugas sebagai Asisten VAR dalam laga tersebut.

Rencananya, laga pembuka Piala Dunia Antarklub 2022 akan dihelat di Stadion Ibn Batuta, Tangier, Maroko. Laga itu akan mempertemukan runner-up Liga Champions Afrika (CAF), Al Ahly, dengan kampiun Liga Champons Zona Oseania (OFC), Auckland City. 

Baca Juga

Laga ini akan menorehkan sejarah baru, setidaknya dalam kiprah wasit asal Cina di salah satu event terkemuka besutan FIFA. ''Untuk pertama kalinya, tim wasit yang terdiri atas tiga wasit asal Cina akan memimpin sebuah laga di salah satu event paling bergengsi milik FIFA,'' tulis laporan Xinhua, Rabu (2/2/20203).

Tiga wasit asal Cina tersebut adalah Ma Ning, Zhou Fei, dan Zhang Cheng. Ma Ning akan memimpin laga sebagai wasit utama, sementara Zhou Fei dan Zhang Cheng akan melakoni tugas sebagai asisten wasit. Selain ada pula satu wasit asal Cina yang ikut ambil bagian dalam laga ini.

Fu Ming dipercaya untuk menjadi asisten Video Assistant Refeere (VAR) di laga ini. Fu Ming akan bekerja sama dengan petugas VAR, Martinez, yang berasal dari Spanyol. Empat wasit asal Cina ini merupakan wasit yang dikirimkan AFC untuk berpartisipasi di Piala Dunia Antarklub 2022.

Sebelumnya, Ma Ning menjadi salah satu wasit asal Cina yang mendapatkan kepercayaan untuk bertugas di pentas Piala Dunia 2022. Pelatih berusia 43 tahun itu diketahui sempat ditunjuk sebagai asisten wasit di enam laga pada fase penyisihan grup Piala Dunia 2022.

Di pentas Piala Dunia Antarklub, yang bakal digelar di Maroko tersebut, sebanyak enam tim wasit, yang terdiri atas tiga wasit, ditugaskan untuk memimpin laga. Selain itu, ada pula keterlibatan delapan petugas VAR. Para petugas VAR dan wasit ini ditunjuk dari lima konfederasi berbeda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement