Selasa 07 Feb 2023 12:27 WIB

Resmi, Posisi Pemain Terbaik Dunia 2022 Ditempati Lionel Messi, Ronaldo Jauh Tertinggal

Dominasi Messi luar biasa di pemungutan suara dengan 156 dari 206 juri.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi
Foto: EPA/AP
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Panelis yang terdiri dari 206 juri telah memilih 100 pemain sepak bola pria terbaik dunia tahun 2022 yang dirilis oleh Guardian. Lionel Messi dari Argentina, yang memimpin Argentina menjuarai Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1986, terpilih sebagai pemain No. 1 tahun 2022.

Kemenangan di Qatar secara alami memiliki dampak besar pada pemungutan suara untuk 100 pesepakbola terbaik Guardian dan tidak aneh untuk berpikir bahwa Kylian Mbappe akan finis sebagai pemain nomor satu seandainya Prancis memenangkan adu penalti melawan Argentina.

Baca Juga

Tapi dari hasil pemungutan suara itu, striker Paris Saint-Germain dan Prancis, Kylian Mbappe masuk di posisi kedua dan penyerang Real Madrid Karim Benzema di posisi ketiga. Son Heung-min dari Korea Selatan menempati posisi ke-26, naik 13 peringkat dari posisi ke-39 tahun sebelumnya.

Bagaimana pun, mereka memberikan dukungan bagi Messi yang berakhir sebagai pemenang yang jelas dalam pemungutan suara dimana 76 persen (156 dari 206 juri) dari panelis memilih dia sebagai No 1 mereka. Ini sangat kontras dengan pemenang tahun lalu, Robert Lewandowski, yang mendapat suara 53 persen dari daftar juri.

"Sudah satu dekade sejak kami membuat daftar pertama kami dan Messi tidak pernah keluar dari tiga besar kami, tetap sangat konsisten dan populer di kalangan juri. Satu-satunya saat dia tersingkir dari dua besar adalah pada 2018 ketika Luka Modric dan Cristiano Ronaldo merebutnya, dengan pemain Portugal itu di urutan kedua," tulis the Guardian, Selasa (7/2/2023).

Pelatih Argentina, Lionel Scaloni, jelas bias tetapi ketika ditanya di Qatar apakah Messi adalah pemain terbaik yang pernah ada, dia berkata: "Kadang-kadang sebagai orang Argentina, kami mengatakan itu hanya karena kami orang Argentina. Mungkin itu egois (tetapi) saya tidak ragu mengatakan bahwa: dia adalah yang terbaik dalam sejarah," kata Scaloni.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement