Selasa 07 Feb 2023 21:25 WIB

Erick Thohir Klaim Indonesia Bisa Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

Ekonomi Indonesia terus membaik mampu menyelenggarakan Olimpiade di 2036

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gita Amanda
Anggota Dewan FIBA Erick Thohir di Rakernas PERBASI, di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Selasa (7/2).
Foto: Republika/Rahmat Fajar
Anggota Dewan FIBA Erick Thohir di Rakernas PERBASI, di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Selasa (7/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia mencanangkan menjadi tuan rumah Olimpiade 2036. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi semua pihak agar impian tersebut bisa terwujud sebagai sebuah kebanggan bangsa Indonesia.

Anggota Dewan FIBA Erick Thohir mengklaim Indonesia akan mampu menjadi tuan rumah Olimpiade 2036. Alasannya karena ekonomi Indonesia terus membaik sehingga kekuatan finansial mampu menyelenggarakan event tersebut.

Baca Juga

Kedua jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar juga salah satu modal Indonesia layak menjadi tuan rumah. Dengan jumlah penduduk yang banyak maka jelas merupakan pasar yang menjanjikan.

"Tinggal yang ketiga tentu dengan penduduk yang besar, masak kita gak bisa cari atlet-atlet yang terbaik," ujarnya pada Rakernas PERBASI, di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Selasa (7/2/2023).

Namun menurut Erick mencari atlet terbaik merupakan tantangan yang sulit. Tetapi pembinaan dan diaspora harus dikembangkan secara seimbang. Langkah tersebut sudah dilakukan di cabang olahraga lain seperti renang dan sepak bola.

Hanya saja, Erick mengingatkan diaspora tersebut jangan sampai membunuh atlet muda asli Indonesia.

Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih harus ada perencanaan yang jelas dalam 12 tahun ke depan. Karena ia tak ingin Indonesia hanya sekadar bermain di Olimpiade sebagai jatah tuan rumah. Kosasih ingin timnas Indonesia lebih berkualitas.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement