Rabu 08 Feb 2023 08:45 WIB

Ferrari Pilih Nama Simple untuk Mobil F1 2023

Terdapat fakta menarik di balik mobil-mobil F1 Ferrari dari tahun ke tahun.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Pembalap Formula Satu Spanyol Carlos Sainz dari Scuderia Ferrari.
Foto: EPA-EFE/CHRISTIAN BRUNA
Pembalap Formula Satu Spanyol Carlos Sainz dari Scuderia Ferrari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satu pekan sebelum peluncuran resminya, Scuderia Ferrari mengungkapkan nama mobil mereka yang akan melanju di sirkuit F1 musim ini, yaitu SF-23.

Penamaan dengan awalan "SF" melanjutkan konsistensi tim dan pabrikan terkait nama, yang telah digunakan sejak 2015 melalui SF15-T. Adapun "SF" sendiri merupakan singkatan dari Scuderia Ferrari.

Baca Juga

"Ini adalah mobil Scuderia Ferrari kedelapan yang ditunjuk sebagai SF. Ini (angka 23) juga merujuk pada tahun ini, yaitu tahun 2023," kata Ferrari, dikutip dari laman resmi Formula 1, Rabu (8/2/2023). 

Mobil baru Ferrari digadang-gadang akan terlihat megah dengan warna merah -- warna yang menjadi ciri khas dari tim. SF-23 nantinya akan dikemudikan oleh Charles Leclerc dan Carlos Sainz.

Terdapat fakta menarik di balik mobil-mobil F1 Ferrari dari tahun ke tahun. SF70H di 2017 dan SF71H di 2018 dinamakan demikian sebagai bentuk perayaan ulang tahun ke-70 dan 71 dari tim balap tersebut.

Sedangkan SF1000 di tahun 2020 dinamai untuk merayakan Grand Prix ke-1000 tim, sementara F1-75 pada tahun lalu dinamai untuk menandai 75 tahun sejak mobil produksi Ferrari pertama diluncurkan dari lantai pabrik mereka.

Pekan depan, Ferrari akan menjadi tim ketujuh yang memulai musim mereka dengan perkenalan tim dan mobil. Sejauh ini, Red Bull, Haas, Williams, dan Alfa Romeo sudah melakukan peluncuran mereka masing-masing.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement