Kamis 08 Apr 2010 01:52 WIB

Guardiola: Begitulah Cara Messi Bersenang-senang!

Lionel Messi
Lionel Messi

BARCELONA--Empat gol kemenangan Barcelona atas Arsenal Rabu dinihari WIB tadi (7/4) di ajang Liga Champions, diciptakan oleh Lionel Messi. Sang arsitek Barca, Josep Guardiola, pun memberinya pujian setinggi langit.

Menurut Guardiola, yang sudah dilakukan Messi tak bisa digambarkan dengan kata-kata. "Tak ada cara menggambarkan performa Messi. Sama sekali tak ada kalimat yang bisa mewakilinya. Anda harus menyaksikan sendiri,"  tuturnya, Rabu (7/4).

Guradiola menambahkan, Messi memang pantas mendapatkan segalanya karena ia mencintai permainan sepak bola. Ia juga menjadi contoh yang bagus untuk pemain muda. ''Tapi sulit bagi mereka mengimitasi gaya bermainnya," cetusnya..

Namun Guardiola juga menekankan kontribusi tim juga besar atas performa Messi tersebut. Jika Barca tak bermain bagus, lanjut dia, Messi mungkin juga tidak bermain baik. ''Kami tak memintanya mencetak empat gol. Kami memintanya untuk bersenang-senang ketika mendapat bola. Kadang segalanya bekerja dengan baik, kadang tidak. Kami hanya memintanya bersenang-senang," ungkapnya.

Messi memang dikenal sangat mencintai sepak bola. Pemain Terbaik Dunia 2009 ini juga lebih senang berlatih bola daripada menghabiskan waktu untuk bersenang-senang di luar lapangan seperti clubbing dan lainnya.

Arsitek Arsenal, Arsene Wenger, juga  seakan takjub dengan kemampuan Messi mengobrak-abrik pertahanan timnya nyaris seorang diri. Kecepatan, dribel, dan gocekannya seakan tidak bisa dihentikan oleh satu pun pemain Arsenal.

"Ia bermain (seperti) di Playstation. Ia bisa memanfaatkan semua kesalahan kami. Bisa dibilang, ia adalah pemain terbaik dunia saat ini," puji Wenger.

Tidak ada satu pun di antara Thomas Vermaelen, Mickael Sylvestre, Gael Clichy, Bacary Sagna, sampai kiper Manuel Almunia yang sanggup menghentikan pergerakan Messi. Bahkan gelandang-gelandang bertahan Arsenal seperti Denilson dan Abou Diaby juga kerepotan memotong pergerakan Messi.

"Sekali ia berlari bersama bola ia tidak dapat dihentikan. Pemain dengan tipikal seperti itu akan menjadi ancaman bagi tim manapun," ungkap Wenger. "Ia sangat spesial dan juga masih sangat muda. Jika tidak ada rintangan apa pun yang menghalangi jalannya tujuh sampai delapan tahun lagi, maka ia akan mencapai level yang tak terbayangkan. Ia bisa jadi legenda.''

sumber : goal.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement