Senin 12 Apr 2010 02:14 WIB

Enam Negara Ikut Kejuaraan Arung Jeram di Banjarnegara

Rep: Eko Widiyanto/ Red: Endro Yuwanto

BANJARNEGARA--Atlit Arung jeram dari enam negara dipastikan akan mengikuti Kejuaraan Arung Jeram Internasional yang berlangsung di aliran Sungai Serayu Wilayah Banjarnegara, 22-26 April mendatang. Atlit yang akan mengikuti kejuaraan bertajuk 'Australasian Rafting Champs 2010' tersebut, berasal dari Iran, Turki, Kazakhstan, Malaysia, Slovakia, dan juga Indonesia.

"Sejauh ini, sudah enam nagara yang memberi konfirmasi akan mengikuti kejuaraan ini,'' kata Ketua Panitia Lokal 'Australasian Rafting Champs 2010', Syamsudin, dalam jumpa pers di Banjarnegara, Sabtu (10/4).

Berdasarkan konfirmasi tersebut, Syamsudin menyatakan, dipastikan akan ada sebelas tim yang akan mengikuti kejuaraan. Selain dari Indonesia yang menyertakan empat tim dan Malaysia dua tim, negara-negara lainnya mengirimkan satu tim.

Menurut Syamsudin, tuan rumah Indonesia akan menurunkan tim putra, Arus Liar dari DKI Jakarta dan Riam Jeram dari Sukabumi, sedangkan tim putri akan menerjunkan Kapinis Jawa Barat dan Gadisu Sulawesi Utara. ''Keempat tim ini merupakan tim arung jeram Indonesia yang telah berulang kali mengikuti kejuaraan arung jeram di dalam maupun di luar negeri,'' katanya.

Mengenai nomor-nomor yang dilombakan, Syamsudin menyebutkan, ada empat jenis lomba yang dilombakan. Antara lain, jenis lomba sprint, slalom, head to head, dan down river race.

Jenis lomba sprint dan head to head, merupakan lomba arung jeram jarak pendek, sekitar 300 meter. Bedanya, jenis lomba sprint untuk menentukan peringkat peserta untuk mengikuti lomba berikutnya, sedangkan jenis lomba head to head merupakan lomba kecepatan setelah lomba sprint.

Jenis lomba slalom merupakan lomba adu ketangkasan melalui gawang sesuai dengan urutan nomor. Untuk itu, ada dua gawang yang harus dilalui, yakni dari garis start dan finish. ''Untuk ketiga jenis lomba tersebut, pelaksanaannya akan berlangsung di aliran sungai Serayu sejak Desa Randegan hingga Desa Bojanegara, Kecamatan Sigaluh,'' jelas Syamsudin.

Sementara untuk jenis lomba down river race, merupakan lomba jarak jauh untuk menguji ketangkasan, ketangguhan, dan nyali karena pengarungan akan melewati jeram-jeram dengan tingkat kesulitan paling tingfi (advance). Namun untuk jenis lomba ini, pelaksanaannya berlangsung di aliran Sungai Progo wilayah Kabupaten Magelang, 27-28 April.

Syamsudin juga menyebutkan, kejuaraan ini akan dinilai oleh juri profesional tingkat dunia, yakni dari Internasional Rafting Federation (IRF) General Judges, yang berasal dari Jepang, Korea Selatan, Slovakia, dan Indonesia.

Meski kegiatan lomba akan dimulai 22 April, Syamsudin menyebutkan, pembukaan akan dilaksanakan pada 23 April 2010 di Alun-alun Banjarnegara. ''Kejuaraan, rencananya akan dibuka Menteri Kebudayaan dan Pariwisata atau Menteri Negara Pemuda dan Olahraga,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement