Kamis 06 May 2010 07:02 WIB

Sumsel Alokasikan Rp 1,5 Triliun untuk SEA Games 2011

Rep: Maspril Aries/ Red: Endro Yuwanto
Gubernur Sumsel Alex Noerdin
Gubernur Sumsel Alex Noerdin

PALEMBANG--Tekad Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) untuk menjadikan daerah ini sebagai tuan rumah pekan olahraga negara-negara Asia Tenggara atau SEA Games XXVI tahun 2011 semakin mantap.

 

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, pihaknya menyediakan dana sebesar Rp 1,5 triliun untuk menyukseskan Sumsel sebagai tuan rumah. ''Dana yang disediakan tersebut bukan berasal dari APBD, melainkan berasal dari kerjasama dengan pihak ketiga yang bersedia ikut berpartisipasi. Dana tersebut untuk membangun sejumlah fasilitas olahraga dan fasilitas pendukung lainnya,'' ujar Alex, Rabu (5/5).

 

Untuk menjawab keraguan beberapa pihak terhadap kesiapan Sumsel sebagai tuan rumah SEA Games, Alex menjelaskan, dana tersebut digunakan untuk membangun perkampungan atlet, lapangan tembak, dan kolam renang bertaraf internasional. ''Itu artinya, jika dilihat dari partisipasi, Sumsel jelas lebih siap menjadi tuan rumah penyelenggara SEA Games 2011,'' katanya.

 

Mengenai dana yang bersumber dari APBN, menurut Alex, Sumsel mendapat alokasi sebesar Rp 200 miliar. Dana APBN tersebut dianggarkan untuk pembangunan wisma atlet.

 

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumsel, Musni Wijaya, pembangunan wisma atlet untuk Sea Games 2011 awalnya direncanakan akan dibangun dengan anggaran Rp 416 miliar yang berasal dari dana APBN dengan kapasitas 4.000 orang. ''Rencana itu terpaksa diubah, karena dana yang disetujui pemerintah hanya sebesar Rp 200 miliar. Sesuai dengan anggaran yang ada kami akan bangun wisma atlet dengan kapasitas 2.000 orang,'' ujarnya.

 

Pembangunan wisma atlet tersebut menurut Musni Wijaya saat ini sudah mulai dikerjakan di kawasan olahraga Jakabaring, Palembang dan direncanakan pada Juni 2011 sudah selesai. ''Pembangunan wisma atlet yang berlokasi di Jakabaring ini merupakan salah satu syarat untuk pelaksanaan pesta olahraga tingkat internasional seperti Sea Games,'' tambahnya.

 

Terhadap isu yang berkembang di masyarakat bahwa Sumsel batal menjadi tuan rumah SEA Games 2011, Gubernur Sumsel ini kembali menegaskan bahwa Sumsel yang tersiap dari dua daerah lainnya selain Jakarta untuk menjadi tuan rumah Sea Games XXVII. Untuk tuan rumah pemerintah menetapkan empat provinsi, yaitu Sumsel, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

 

Menurut Alex, pada SEA Games 2011, dipertandingkan 38 cabang olahraga dan Sumsel mendapat kepercayaan menjadi tempat pelaksanaan pertandingan 19 cabang. ''Jika pemerintah mempercayakan seluruh cabang olahraga dipertandingkan di Sumsel, kami siap menyelenggarakannya,'' tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement