Ahad 16 May 2010 03:27 WIB

Langkah Penentuan Barca Merebut Juara

Rep: c02/ Red: irf
Kostum Barca dikenakan bocah Palestina saat bermain bola.
Foto: AP
Kostum Barca dikenakan bocah Palestina saat bermain bola.

REPUBLIKA.CO.ID,BARCELONA--Pekan terakhir Liga Spanyol akan menjadi ajang penasbihan bagi "El Barca" Barcelona, sebagai kampiun La Liga untuk yang ke-20 kali. Syaratnya, tim asuhan Josep "Pep" Guardiola itu wajib mengalahkan tamunya, Real Valladolid, dalam partai yang akan digelar di Stadion Camp Nou, Ahad (16/5).

Apabila kalah atau meraih hasil imbang, gelar La Liga terancam direbut oleh sang rival abadi, Real Madrid. Dari segi hitung-hitungan di atas kertas, Barcelona diprediksi tidak akan menemukan banyak hambatan untuk mempertahankan gelar yang tahun lalu juga berlabuh di kota Catalan itu.

Walau demikian, kubu Barca tetap waspada menatap laga final La Liga. Gelandang andalan Barca, Andreas Iniesta menyerukan kepada rekan-rekannya agar berkonsentrasi dalam laga penentuan melawan Valladolid. "Kami harus berkonsentrasi sepanjang 90 menit pertandingan. Tidak boleh ada kelengahan, karena akan sangat vatal akibatnya bagi kami," kata gelandang tim nasional Spanyol itu.

Dengan konsentrasi itu, ia optimistis piala La Liga akan kembali dalam genggaman. "Terus terang, kami sudah tidak sabar mengangkat trofi juara. Sangat luar biasa pencapaian musim ini dengan kemenagan dan gol yang telah diraih. Saya rasa kami layak memenagkan La Liga," ujarnya. Pernyataan Iniesta merujuk pada hasil gemilang yang dicatat Barca sepanjang musim ini. Tercatat, Barcelona berhasil meraih 30 kemenangan dan hanya memperoleh enam kali imbang dan sekali kalah.

Klub asal Catalan itu juga mencatat rekor kebobolan yang paling minim di antara seluruh tim peserta La Liga. Hingga pekan ke-37, gawang Barca yang dikawal kiper Victor Valdes hanya kebobolan 24 kali. Ini menempatkan Valdes sebagai calon kuat peraih Zamora--kiper terbaik--untuk ketiga kalinya secara beruntun.

Dalam urusan mencetak gol, Barca pun sudah teruji. Walau kalah banyak dari Real Madrid dalam catatan gol memasukkan, Barca menempatkan bintangnya, Lionel Messi sebagai pencetak gol terbanyak La Liga dengan 32 gol.

Messi bahkan menjadi pemain yang paling subur di benua Eropa dengan total 41 gol di seluruh kompetisi. Apabila Messi mampu membukukan hattrick dalam partai melawan Valladolid, penyerang tim nasional Argentina itu akan menjadi pesepakbola tersubur Eropa dalam kurun waktu satu dekade terakhir--melewati rekor yang dicetak rivalnya, Cristiano Ronaldo kala masih memperkuat Manchester United.

Dengan segala capaian itu, Barca kini berada di posisi terdepan peraih gelar La Liga. Jelang laga melawan Valladolid, Barca hanya menghadapi sedikit masalah dengan absennya gelandang Xavi Hernandez. Xavi absen akibat kartu kuning yang dia dapat saat laga melawan Sevilla, pekan lalu.

Namun, absennya Xavi tertutupi dengan kembalinya Iniesta. Gelandang bertubuh mungil itu absen sejak satu setengah bulan terakhir, karena cedera pangkal paha yang diderita. "Saya merasa fit dan siap untuk bermain. Namun semuanya tergantung pelatih," kata Iniesta.

Kemenangan atas Valladolid juga akan menjadi kado pelipur lara bagi Barca yang tersingkir di babak Semifinal Liga Champions. Di pihak lain, Real Madrid tampak pasrah menatap peluangnya meraih gelar La Liga. Walau begitu, kiper El Real, Iker Casillas masih menyematkan sedikit harapan agar Barca terpeleset di tangan Valladolid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement