Jumat 16 Jul 2010 03:14 WIB

Valentino Rossi Siap Mengaspal di Jerman

Rep: Ratna Puspita/ Red: Endro Yuwanto
Valentino Rossi
Valentino Rossi

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA--Valentino Rossi bersiap kembali ke lintasan dengan berlaga pada seri balapan Moto GP Jerman, akhir pekan ini. Setelah empat pekan absen karena patah tulang kaki, dokter memberikan lampu hijau dan sang juara bertahan tersebut pun dapat membalap.

Rossi sudah tidak sabar untuk kembali berlaga dan Yamaha mulai menyiapkan kembalinya 'The Doctor' ke lintasan. Namun, Rossi masih harus menunggu izin dari Komisi Medis MotoGP untuk membalap di lintasan Sachsenring, akhir pekan ini.

''Saya sangat senang ketika dokter mengatakan saya dapat membalap akhir pekan ini. Saya akan bertemu dengan komisi medis untuk mendapat keputusan akhir," tutur pembalap berusia 31 tahun tersebut dengan antusiasme tinggi, Kamis (15/7).

Rossi yang mengalami kecelakaan ketika menjalani sesi latihan balapan di Mugello, Italia, telah melakoni dua tes, di Mugello, Italia, dan Brno, Republik Cheska. Pada tes kedua, Senin (12/7) lalu, Rossi menyelesaikan 46 putaran.

Rossi menggaku dalam kondisi yang bagus ketika mengendarai motor Superbike R1 pada dua tes tersebut. Dia juga memahami akan sangat berbeda ketika berlaga menggunakan motor M1 miliknya di lintasan. ''Itu akan sulit bagi saya. Saya rindu motor dan tim saya," kata dia.

Cedera patah tulang yang memaksanya istirahat enam pekan membuat Rossi tidak sabar untuk kembali ke lintasan dan berada di 'paddock'. "Saya sangat lelah terus menerus di rumah. Wataru (Yoshikawa) tetap akan berada di sana juga, jadi jika ada masalah dengan saya, dia akan kembali mengendarai motor saya," kata Rossi.

Manajer tim Yamaha, Davide Brivio, terkejut dengan proses pemulihan Rossi yang berlangsung dengan cepat. "Karena awalnya dokter mengatakan dia harus istirahat selama empat atau lima bulan. Tapi, sangat fantastis melihat dia kembali," kata dia.

Untuk mempercepat proses pemulihannya, Rossi menghabiskan berjam-jam di ruang hiperbarik dan melakukan pelatihan intensif latihan di gym dan kolam renang. Brivio mengatakan, dua tes yang dijalani 'The Doctor' sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan dirinya. ''Juga untuk meyakinkan komisi medis bila dia sangat mungkin berlaga di Jerman,'' imbuhnya.

Absennya Rossi memuluskan jalan rekan setimnya di Fiat Yamaha, Jorge Lorenzo, untuk meraih gelar juara dunia untuk pertama kali tahun ini. Lorenzo tampil dominan di tiga seri balapan terakhir.

Saat ini, Lorenzo memuncaki klasemen sementara dengan selisih 52 poin dari rival terdekatnya, Dani Pedrosa. Sementara, Rossi yang dikabarkan akan hengkang ke Ducati musim depan berada di posisi tujuh dengan 104 poin.

sumber : eurosport/motosport.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement