Kamis 29 Jul 2010 23:59 WIB

Alberto Contador Berpisah dengan Tim Astana

Rep: Ratna Puspita/ Red: Endro Yuwanto
Alberto Contador
Alberto Contador

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS--Juara Tour de France, Alberto Contador, memutuskan mengakhiri kebersamaannya dengan tim Astana. Pembalap sepeda asal Spanyol berusia 27 tahun itu tidak akan memperbaharui kontraknya yang berakhir musim ini dengan tim yang bermarkas di Kazakhstan tersebut.

Tanpa menjelaskan alasannya, Astana meminta kepastian Contador yang pekan lalu menjuarai Tour de France mengenai perpanjangan kontrak itu pada Kamis (29/7).

"Kami ingin segera mengetahui apakah iya atau tidak (dia akan memperbaharui kontraknya). Alberto Contador telah menolak ultimatum dari Astana," sebut pernyataan resmi Astana, Kamis. "Kontraknya akan berakhir musim ini. Setelah memenangi Tour de France 2010, kini dia dapat dengan tenang mempelajari semua penawaran yang datang padanya."

Sebelumnya tersiar kabar, pembalap yang meraih tiga kali titel Tour de France dalam empat tahun terakhir itu akan bergabung dengan Bjarne Riis.  Contador bergabung dengan Astana setelah meraih juara Tour de France untuk pertama kalinya bersama tim Discovery Channel. Bersama Astana, Contador sukses memenangi dua gelar Tour de France pada 2009 dan 2010, serta Giro d'Italia dan Vuelta pada 2008.

Hubungan Contador dengan timnya merenggang sejak tahun lalu ketika Lance Armstrong bergabung dengan Astana pada musim pertama pascapensiun empat tahun. Sayangnya, keduanya gagal menjalin relasi dengan bagus.

Armstrong, tujuh kali juara Tour de France, dan manajer tim, Johan Bruyneel, memutuskan keluar dari Astana dan bergabung dengan RadioShack. Sedangkan, Contador sepakat bertahan dengan Astana hingga akhir musim 2010.

Contador memenangi balapan Paris-Nice dengan Astana Maret lalu dan meraih gelar ketiga Tour de France setelah mengalahkan Andy Schleck dengan selisih 39 detik di klasemen akhir.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement