Ahad 01 Aug 2010 06:32 WIB

Sami Khedira Pun Berlabuh ke Madrid

Rep: Shally Pristine/ Red: Arif Supriyono
Sami Khedira
Foto: bild.de
Sami Khedira

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN--Real Madrid resmi menggaet Sami Khedira, pemain tengah tim nasional Jerman berusia 23 tahun. Dia berhasil mencuri perhatian publik internasional karena perannya mengantarkan tim Panzer Jerman hingga menduduki urutan ketiga Piala Dunia 2010.

Klub lama Khedira, Vfb Stuttgart, membenarkan kabar kepergian salah satu pemainnya terbaiknya itu. "Vfb dan Real Madrid telah setuju atas kepindahan pemain tengah tersebut (Khedira) ke ibu kota Spanyol".  Demikian bunyi pernyataan resmi Stuttgart seperti dikutip //Eurosport//, Jumat (30/7). Bila lolos pemeriksaan medis, Khedira akan menandatangani kontrak selama lima tahun dengan El Real.

Stuttgart jelas tak mudah melepas Khedira yang masih menyisakan satu tahun kontrak di sana. Direktur Olahraga Stuttgart, Fredi Bobic, menyayangkan hengkangnya gelandang berdarah Tunisia itu.

"Di satu sisi, kami selalu sangat tidak sedang untuk melepas seorang pemain yang mampu mendikte permainan dan demikian mudah dikenali seperti Sami Khedira," katanya. Namun, kata Bobic, di sisi lain mereka dapat memenuhi keinginan Khedira untuk mengembangkan kariernya di Madrid.

Khedira mulai meniti karier profesionalnya lewat debut di klub yang bermarkas di Mercedes-Benz Arena itu empat tahun lalu. Dia turut mengantar Stuttgart merebut gelar juara Bundesliga 2006/2007. Bobic yang mentan pemain timnas Jerman pun mendoakan Khedira sukses dengan tantangan baru.

Bobic menambahkan, saat ini perpindahan Khedira tengah dalam finalisasi, termasuk membicarakan besarnya biaya transfer dan detil kontrak. Kedua klub masih mendiskusikan beberapa hal namun semuanya akan segera selesai.

Agen Khedira, Joerg Neubauer, mengonfirmasi bahwa kliennya sudah menyetujui kontrak dengan Madrid. Perpindahan Khedira ke Los Merengues konon dibandrol 12 juta euro atau sekitar 15,7 juta dolar AS. Dia adalah pemain keempat yang dibeli arsitek baru Madrid, Jose Mourinho, pada musim transfer kali ini. Sebelumnya, Madrid juga sudah meneken kontrak dengan pemain sayap Argentina, Angel Di Maria, dan gelandang Spanyol, Sergio Canales serta Pedro Leon.

Khedira merupakan bagian dari rencana ambisius El Real: menandingi keperkasaan musuh bebuyutan mereka di Spanyol, Barcelona. Selain itu, Madrid ingin mengakhiri kebuntuan gelar juara antarklub paling prestisius di Eropa, Liga Champion. Terakhir kali, mereka merebut gelar juaranya para juara itu pada 2002.

Khedira memulai debut internasionalnya dalam pertandingan persahabatan melawan Afrika Selatan, September lalu. Sebenarnya, dia tidak termasuk dalam armada utama yang membela Jerman di Piala Dunia 2010. Peluang datang setelah Michael Ballack urung merumput lantaran cedera. Kerja sama apiknya dengan Bastian Schweinsteiger membawa Jerman hingga semifinal.

Dia menceploskan gol internasional pertamanya ke gawang Uruguay dari 12 laga internasionalnya. Gol ini turut mengantar Jerman kepada titel peringkat ketiga Piala Dunia.

Klasemen Liga Spanyol 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Barcelona Barcelona 8 7 0 1 25 16 21
2 Real Madrid Real Madrid 8 5 3 0 17 11 18
3 Villarreal Villarreal 8 5 2 1 17 2 17
4 Atletico Madrid Atletico Madrid 8 4 4 0 12 8 16
5 Athletic Club Athletic Club 8 4 2 2 12 4 14
sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement