Ahad 01 Aug 2010 08:29 WIB

Jika tak Pulih Jua, Pebasket Yao Ming Pilih Pensiun

Rep: Shaly Pristine/ Red: Arif Supriyono
Yao Ming
Foto: wordpress.com
Yao Ming

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING--Pemain center Houston Rockets, Yao Ming, tengah mempertimbangkan untuk pensiun pada musim depan. Langkah ini akan ditempuh jika cedera kakinya tak kunjung pulih.

Dalam wawancara dengan kantor berita Cina, Xinhua, Yao tampak  pesimistis mengenai masa depannya. Dia juga membuat komentar yang tidak biasa mengenai program pengembangan basket di Cina. "Jika cedera kaki saya tidak sembuh musim depan, saya mungkin akan menganggapnya sebagai isyarat untuk keluar," katanya, Sabtu (31/7).

Pebasket yang akan genap 30 tahun, September mendatang ini, telah kehilangan kesempatan bermain pada musim lalu lantaran cederanya yang berkepanjangan. Walau proses pemulihannya berlangsung baik, Rockets telah menandatangani kontrak dengan Brad Miller untuk mengisi kekosongan posisi center.

Yao juga pesimis mengenai peluangnya membela tim nasional basket Cina pada Olimpiade 2012 di London. "Peluangnya sangat kecil. Cedera kaki ini tidak akan mengizinkan saya bermain di banyak pertandingan lagi. Seperti yang saya bilang sebelumnya, saya akan mundur dari tim nasional dan olahraga suatu hari nanti. Itu akan terjadi pada semua atlet," ucapnya.

Tanpa Yao, tim basket Cina seperti keteteran. Pada Asian Championship lalu, Cina kalah di kandang melawan Iran pada partai penentuan puncak. Yao mengritik kebijakan pembinaan basket Cina.

"Kita tengah membayar apa yang tidak kita lakukan. Kita mengabaikan pembangunan tim cadangan dan liga CBA juga hanya befokus pada tim nasional dan Olimpiade," kecamya.

Yao menyebut Cina tengah membunuh angsa yang menelurkan emas. "Saya sekarang 30 tahun. Sebagai atlet, saya bukan masa depan Cina lagi," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement