Rabu 04 Aug 2010 10:25 WIB

Roberto Baggio Turun Gunung

Roberto Baggio
Roberto Baggio

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA--Roberto Baggio, salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Italia, kembali ke dunia sepak bola dan bergabung dengan Federasi Sepak Bola Italia ( FIGC ), menyusul penampilan buruk tim nasional Italia di Piala Dunia 2010.

"Saya telah menyatakan siap untuk mengisi peran sebagai presiden di sektor teknis," ujar Baggio, Selasa (3/8).

Menurut harian II Mesaaggero, Baggio harus menunggu hasil resmi dari FIGC yang akan bersidang Rabu besok.

Selain Baggio dua legenda sepak bola Italia lainnya juga siap bergabung dengan FIGC. Mantan pelatih Italia, Arrigo Sacchi, 64 tahun, akan menjadi koordinator tim nasional yunior, sementara Gianni Rivera, mantan pemain Italia pertama yang mendapatkan penghargaan 'Ballon d`Or' atau pemain terbaik Eropa, akan melatih tim yunior.

Baggio, 43 tahun, pensiun dari sepak bola pada 2004 setelah bermain untuk klub Fiorentina, Juventus, dan AC Milan, serta memperkuat Italia di tiga kali Piala Dunia, tapi selalu gagal mengantar Italia ke tangga juara.

Juara bertahan Italia secara memalukan tersingkir di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan 11 Juni-11 Juli lalu dan menurut Baggio, kegagalaan Italia adalah karena tim terlalu fokus kepada pertandingan sehingga tidak bisa menampilkan permainan terbaik.

''Kalau di Spanyol, mereka bermain indah, meski mereka kemudian kalah,'' kata Baggio seperti yang dikutip harian La Gazzeta dello Sport. "Di Italia, sebenarnya banyak bakat pemain yang harus didukung dengan kecerdasan. Tapi hal seperti itu tidak terjadi.''

Italia secara mengejutkan tersingkir di Piala Dunia 2010 setelah dikalahkan 2-3 oleh Slowakia. Ini membuat mereka terpuruk di dasar klasemen. Padahal Italia sebelumnya dianggap berada dalam grup yang nyaman karena bersaing dengan tim bukan unggulan seperti Paraguay dan Selandia Baru.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement