Kamis 05 Aug 2010 04:09 WIB

Mourinho Berharap Ronaldo tak Lagi Egois

Rep: Israr/ Red: Endro Yuwanto
Ronaldo (kiri) dan Mourinho
Ronaldo (kiri) dan Mourinho

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID--Pelatih Real Madrid, Jose Mourinho, menginginkan Cristiano Ronaldo mengurangi gaya permainan individualisnya. Ia berharap Ronaldo bisa lebih berkontribusi sebagai pemain tim dan tidak lagi egois.

"Ronaldo hanya bisa berkembang jika timnya berkembang," ujar Mourinho seperti dikutip tribalfootball, Rabu (4/8).

Menurut Mourinnho, Ronaldo memiliki beban teramat berat musim lalu di Madrid. Sebab ia dituntut selalu menjadi penyelamat klub berjuluk 'Los Merengues' tersebut di berbagai pertandingan.

"Ini buruk bagi pemain sebagus apapun dia. Tim membutuhkan bintang tapi tim tidak bisa bergantung padanya (Ronaldo). Dia bekerja untuk tim, bukan untuk diri sendiri," kata mantan pelatih Inter Milan ini.

Mourinho, memuji profesionalitas Ronaldo saat berlatih. Sebelumnya, Mourinho mengaku sudah mengetahui ini dari agennya, Jorge Mendes, yang juga bekerja untuk Ronaldo.

Informasi lain juga didapatkannya dari pelatih Manchester United (MU), Sir Alex Ferguson. Alex, kata Mourinho, memuji Ronaldo yang dinilai luar biasa untuk urusan berlatih. "Setelah melihat dari dekat, sangat mengesankan untuk seorang pemain dengan status seperti dia. Tidak ada yang berlatih lebih keras dibandingkan dirinya," puji Mourinho.

Pelatih asal Portugal ini mengaku sudah pernah melihat dedikasi serupa di klub di klub lamanya, Inter. Javier Zanetti, Ivan Cordoba, dan Marco Materazzi adalah sederet pemain senior yang sangat berdedikasi terhadap pekerjaannya sebagai pemain profesional.

"Sekarang saya memiliki Cristiano dengan caranya bekerja. Mudah meminta kepada yang lain apa yang saya inginkan terkait dedikasi terhadap pekerjaan,'' ucap Mourinho.

sumber : tribal football

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement