Rabu 11 Aug 2010 00:02 WIB

APBN 2011 Alokasikan Rp 1 Triliun untuk SEA Games XXVI

Rep: Maspriel Aries/ Red: Endro Yuwanto
SEA Games
SEA Games

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG--Pemerintah akan memberikan yang terbaik pada penyelenggaraan SEA Games XXVI yang akan berlangsung 11 November 2011 di Sumatra Selatan (Sumsel) dan DKI Jakarta. Selain mengalokasikan anggaran dalam APBN 2010, juga dipersiapkan alokasikan anggaran untuk tahun 2011.

''Pada APBN tahun 2011 pemerintah mengalokasikan anggaran untuk penyelengaraan SEA Games XXVI sebesar Rp 1 triliun. Untuk tahun 2010 sudah dianggarkan sebesar Rp 350 miliar,'' ujar Ketua Komisi X DPR, Mahyuddin NS, Selasa (10/8).

 

Selain penambahan anggaran, menurut anggota DPR dari Partai Demokrat tersebut, anggaran APBN 2010 untuk SEA Games yang sebelumnya dialokasikan peruntukannya bagi empat provinsi, yaitu Sumsel, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah, kini direvisi hanya untuk dua provinsi.

 

''Mengenai berapa besarnya untuk Sumsel dan DKI Jakarta nanti akan diatur sesuai dengan kebutuhan dan jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan. Dana akan digunakan untuk perbaikan venues dan pembinaan atlet,” jelas Mahyuddin.

 

Untuk anggaran tahun 2011 yang dikucurkan tahun depan, Mahyuddin menjelaskan, akan diperuntukkan pada program kelanjutan renovasi venues, biaya pembukaan dan penutupan, serta biaya pelaksanaan semua cabang olahraga yang dipertandingkan.

 

Mahyuddin juga mengungkapkan, dalam APBN tidak dianggarkan dana untuk pembangunan venues baru. ''Ada anggaran untuk Sumsel di antaranya untuk pembangunan wisma atlet Rp 250 miliar. Dana itu diambil dari dana Kementerian Pendidikan Nasional yang awalnya diperuntukkan bagi pembangunan wisma olahraga,'' tambahnya.

 

Anggota Komisi X DPR juga telah meninjau venues yang ada di Palembang untuk mengetahui kondisi terakhir sebelum digunakan untuk pertandingan SEA Games, antara lain Stadion Gelora Sriwijaya, GOR Ranau, GOR Rimau, dan beberapa venues lainnya yang pernah digunakan pada PON XVI tahun 2004 lalu.

 

Sementara itu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin telah menegaskan, dana pembangunan infrastruktur pendukung SEA Games 2011 akan dialokasikan dalam APBD induk dan APBD perubahan provinsi tersebut. Antara lain anggaran di Dinas PU Bina Marga sebesar Rp 45.951.641.342. Demikian halnya pada Biro Umum dan Perlengkapan Pemerintah Provinsi Sumsel terdapat alokasi anggaran untuk SEA Games sebesar Rp 3.097.500.000. Anggaran tersebut digunakan untuk pemeliharaan rutin dan berkala gedung venues olahraga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement