Kamis 12 Aug 2010 04:54 WIB

Wajah Baru Masuk Pelatnas Skuad 'Merah Putih' Tahap Kedua

Rep: Israr/ Red: Endro Yuwanto
Timnas Indonesia
Foto: antara
Timnas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl, telah mencoret 12 pemain yang dipanggil ke pemusatan latihan nasional (pelatnas) timnas Piala AFF 2010 tahap pertama. Pelatnas yang dimulai 1 Agustus lalu dan berlangsung sepekan hanya menyisakan sembilan pemain.

Sembilan pemain ini bertahan mengikuti pelatnas tahap kedua yang dimulai 15 Agustus nanti. Ada empat wajah baru yang muncul dari sembilan nama tersebut, yaitu: Yesaya Desnam (Persiwa Wamena), Doni Fernando Siregar (Persiba Balikpapan), M Isnaini (PSPS Pekanbaru), dan Jaya Teguh Angga Warsito (Persema Malang). Selebihnya tersisa muka-muka lama seperti Markus Horison (Persib Bandung), Nova Arianto (Persib Bandung), Maman Abdurahman (Persib Bandung), M Ridwan (Pelita Jaya), dan Firman Utina (Persija/Sriwijaya FC).

Riedl juga tetap mempertahankan Bambang Pamungkas, striker yang dipanggil di pelatnas tahap pertama namun urung bergabung karena mengikuti seleksi di klub Selandia Baru, Wellington Phoenix.

Menurut asisten pelatih timnas, Wolfgang Pikal, meski dipertahankan, Bambang masih juga belum pasti bergabung di pelatnas tahap kedua.

''Menurut penjelasan Bambang lewat telepon, ia ditawari kontrak oleh klub Selandia Baru tersebut, namun nilainya kecil. Jika nilai kontraknya naik dan dia setuju, mungkin dia tidak bisa bergabung dengan pelatnas. Tapi jika tak tercapai kesepakatan nilai kontrak, ia akan kembali dan bergabung ke pelatnas,'' kata Pikal kepada Republika, Rabu (11/8).

Menurut Pikal, para pemain yang terpilih memenuhi kriteria tim pelatih dalam hal motivasi, disiplin, teknik, dan taktik. Tim pelatih tidak menilai kondisi fisik pemain akibat program latihan yang berbeda di setiap klub.

''Kurang fair kalau pemain tersebut dinilai kondisi fisiknya karena ada pemain yang sudah berlatih rutin selama sebulan sementara pemain lain baru berlatih sepekan. Yang pasti pemain yang tersisa memenuhi keinginan Alfred,'' ucap Pikal.

Para pemain ini akan bergabung dengan 16 pemain baru. Mereka berasal dari empat tim semifinalis Piala Indonesia 2010 ditambah pemain yang berlaga di laga amal. Secara keseluruhan akan ada 26 pemain yang bergabung di pelatnas tahap kedua.

Karena mayoritas pemain timnas beragama Islam, latihan akan dimulai pada pukul 19.00 WIB atau 20.00 setelah waktu berbuka. Latihan akan berlangsung selama satu setengah jam.

Tim pelatih memberikan porsi latihan berbeda terhadap pemain nonmuslim. Selain berlatih pada malam hari, mereka juga berlatih di pagi hari. ''Selama Ramadhan, empat hari dalam sepekan, pemain nonMuslim berlatih dua kali yaitu pagi dan malam hari,'' kata Pikal.

Pikal mengaku gembira karena pemain yang bergabung di pelatnas tahap kedua ini merupakan gabungan wajah lama dan pemain baru yang potensial.

Daftar Pemain Pelatnas Tahap Kedua (mulai 15 Agustus 2010)

No Nama Klub

1 Markus Horison (Persib Bandung)

2 Fery Rotinsulu (Sriwijaya FC Palembang)

3 Kurnia Meiga (Arema Malang)

4 Nova Arianto (Persib Bandung)

5 Maman Abdurrachman (Persib Bandung)

6 Rahmat Latief (Persiram Raja Ampat)

7 Ricardo Salampessy (Persipura Jayapura)

8 Yesaya Desnam (Persiwa Wamena)

9 Zulkifli Sukur (Arema Malang)

10 M Nasuha (Sriwijaya FC Palembang)

11 Benny Wahyudi (Arema Malang)

12 Toni Sucipto (Sriwijaya FC Palembang)

13 Firman Utina (Sriwijaya FC Palembang)

14 Eka Ramdani (Persib Bandung)

15 Doni Fernando Siregar (Persiba Balikpapan)

16 Ahmad Bustomi (Arema Malang)

17 Imanuel Wanggai (Persipura Jayapura)

18 Arif Suyono (Sriwijaya FC Palembang)

19 M Ridwan (Pelita Jaya Purwakarta)

20 Atep (Persib Bandung)

21 Ian Louis Kabes (Persipura Jayapura)

22 Bambang Pamungkas (Persija Jakarta)

23 M Isnaeni (PSPS Pekanbaru)

24 Yongki Aribowo (Persik Kediri)

25 Jaya Teguh Angga (Persema Malang)

26 Boas Salossa (Persipura Jayapura).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement