Kamis 12 Aug 2010 19:36 WIB

Tanpa Polesan Maradona, Argentina Kalahkan Irlandia

Timnas Argentina
Timnas Argentina

REPUBLIKA.CO.ID, DUBLIN--Pelatih sementara Argentina Sergio Batista melakukan awal yang mengesankan. Batista yang menggantikan rekannya Diego Maradona mengantarkan Argentina menang 1-0 atas tuan rumah Irlandia pada laga uji coba di Stadion Aviva, Kamis (12/8) dinihari WIB.

Gol kemenangan Argentina dihasilkan Angel Di Maria setelah menyelesaikan umpan dari Gonzalo Higuain pada menit ke-20. Hanya, gol itu sempat diprotes pemain Irlandia. Pasalnya, Higuain dinilai dalam posisi offside saat mendapat bola dari kiper Sergio Romero yang melepaskan tendangan jauh. Higuain yang menerima bola berada sepuluh meter di depan pemain Irlandia terakhir.

Namun, berdasarkan peraturan, pemain tidak dalam offside saat menerima bola dari kiper. Striker Real Madrid ini kemudian memberikan bola kepada Di Maria. Pemain sayap yang baru bergabung dengan Madrid ini lalu melepaskan bola lambung yang gagal dijangkau kiper Shay Given yang telanjur meninggalkan gawang.

Argentina menunjukkan permainan terbaik meski tak lagi ditangani Maradona. Terutama setelah dipermalukan Jerman 0-4 di babak perempat final Piala Dunia 2010.

Tim tamu menguasai sepenuhnya laga tersebut. Batista mempertahankan delapan pemain yang terakhir kali diturunkan Maradona saat menghadapi Jerman.

Tak heran bila pemain Irlandia yang minim pengalaman internasional seperti Keith Fahey dan Cillian Sheridan tak mampu berbuat banyak menghadapi pemain kelas dunia seperti Lionel Messi. Repotnya lagi, Irlandia tidak bisa didampingi pelatih Giovanni Trapattoni yang baru saja menjalani operasi kecil.

Meski kalah kelas, Irlandia masih berusaha bangkit di babak kedua. Dengan mengandalkan striker Robbie Keane yang menembus 100 caps bagi timnas, mereka mencoba menyamakan kedudukan.

Namun, serangan tuan rumah masih bisa digagalkan barisan belakang Argentina. Akibatnya, Keane yang sudah 43 kali membobol gawang lawan tak bisa menambah perbendaharaan gol.

Peluang terbaik diperoleh Keane saat terjadi kemelut di depan gawang Argentina di menit terakhir. Namun, Fernando Gago berhasil membuang bola sehingga Argentina terhindar dari kebobolan.

Kemenangan ini setidaknya menjadikan Batista tetap dipertahankan menangani Argentina. Ia akan mendampingi Argentina menghadapi lawan berat Spanyol dalam pertandingan uji coba, bulan depan. Sementara, Irlandia ditantang Armenia pada kualifikasi Piala Eropa 2010, 3 September.

sumber : Goal.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement