Selasa 24 Aug 2010 04:45 WIB

PT Liga Indonesia Pastikan Gelar Inter Island

Turnamen Inter Island dipastikan akan digelar.
Turnamen Inter Island dipastikan akan digelar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--PT Liga Indonesia memastikan turnamen sepak bola 'Inter Island' berlangsung di kota Malang dan Palembang, pada 27 Agustus hingga 5 September.

"Positif, kick off akan dilakukan pada 27 Agustus di Kota Malang. Turnamen ini akan diikuti enam tim yakni Arema, Persipura, PSM Makassar yang bertanding di Malang serta Sriwijaya FC, Persib Bandung, dan Persiba Balikpapan bertanding di Palembang." ujar CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono, Senin (23/8).

Joko menyatakan, turnamen ini merupakan ajang pemanasan menjelang bergulirnya kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) 2010-2011 yang akan dimulai 26 September. Inter Island yang baru pertama kalinya digelar ini akan berlangsung hingga 5 September.

"Ini merupakan ajang pemanasan menjelang kompetisi Liga Super agar klub-klub mendapat pelajaran berharga untuk kesiapan menghadapi kompetisi musim 2010-2011. Mereka juga bisa memanfaatkan ajang ini sebagai uji coba para pemainnya dalam rangka membentuk tim baru menghadapi LSI," kata Joko.

Turnamen Inter Island baru kali ini bisa digelar setelah tahun lalu Persib Bandung yang bakal menjadi tuan rumah ternyata kurang siap hingga menjelang hari pelaksanaan pertandingan. Namun Joko membantah pembatalan itu karena ketiadaan sponsor.

"Bukan karena soal sponsor, tapi ketika itu Persib memang belum siap untuk menggelar Inter Island. Padahal antusias dari klub cukup besar untuk mengikuti turnamen saat itu karena mereka memang butuh pertandingan semacam ajang prakompetisi," ujarnya.

PT Liga pun melihat gelaran Inter Island tahun ini memiliki nilai plus, sebab bisa diikuti oleh enam tim yang berarti sedikit melenceng dari tujuan kompetisi, yakni mempertemukan tim-tim terbaik antar (lima) pulau di Indonesia.

"Karena namanya Inter Island, seharusnya hanya lima peserta dari lima pulau besar. Tapi enam tim sudah menyatakan kesediaannya, maka kami sangat respek menggelar turnamen ini," kata Joko.

Joko menambahkan, babak penyisihan akan digelar dengan format setengah kompetisi. Sedangkan juara dari masing-masing grup akan bertarung pada babak final di Palembang, 5 September.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement