Kamis 26 Aug 2010 00:13 WIB

Tinggalkan City, Hendak Kemanakah Robinho?

Rep: israr/ Red: irf
Robinho
Foto: ap
Robinho

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER--Robinho memberi isyarat tidak akan memperkuat Manchester City musim ini. Robinho tengah mencari klub baru meskipun pelatih Roberto Mancini sebelumnya pernah menyatakan bahwa Robinho masuk dalam daftar 25 pemainnya musim ini. Musim lalu, striker Brasil ini dipinjamkan ke Santos.

"Negosiasi masih berjalan namun saya tidak bisa mengungkapkannya sekarang. Yang bisa saya katakan adalah saya akan bermain di Italia atau Spanyol," kata Robinho seperti dikutip globoesporte. sebelumnya, Robinho sempat disebut-sebut akan bergabung dengan klub Turki, Fenerbahce. Namun ia menolak rumor tersebut.

"Dengan segala hormat terhadap sepak bola Turki, saya tidak akan ke sana. Fenerbahce adalah satu-satunya klub yang memberikan penawaran formal, namun saya telah memutuskan tidak akan ke sana," tegasnya. Real Madrid membeli Robinho dari Santos seharga 24 juta euro (sekitar Rp 272 miliar) pada tahun 2005. Cedera dan gaya permainan yang kurang menyatu membuat Robinho lebih banyak duduk di bangku cadangan.

Madrid mendapatkan keuntungan dengan melepas Robinho ke City sebesar 42,5 juta euro (sekitar Rp 481,4 miliar) tahun 2008. Penampilan di musim pertama tidak berjalan mulus. Ia tampil cukup memukau dengan mencetak 14 gol di musim pertama dan menjadi top scorer City. Sayangnya, cedera kembali mengganggu performa Robinho. Ia hanya bermain di 12 laga dan hanya mencetak satu gol di musim 2009/2010.

Ini membuat City meminjamkan Robinho ke Santos, salah satu alasannya akibat desakan sang pemain sendiri. Robinho ingin tampil di tim utama agar bisa memperkuat Brasil di Piala Dunia 2010. Ia tampil cukup impresif di Santos dan dibawa Dunga, pelatih Brasil sebelumnya ke Afrika Selatan.

Kini, beberapa klub besar dikabarkan tertarik menggunakan jasanya. Apalagi bursa transfer pemain akan segera ditutup akhir musim ini. Inter Milan, AC Milan, dan Juventus dikabarkan tertarik menggunakan jasa Robinho. Klub-klub peminat Robinho kemungkinan akan memanfaatkan deadline bursa transfer untuk menekan City agar bersedia menjual Robinho dengan harga murah.

City dikabarkan mau melepas Robinho jika ada klub mau membayar 20 juta pounds (sekitar Rp 276,5 miliar). Harga ini tampaknya sulit dipenuhi klub-klub peminat Robinho. Selain nilai transfer tinggi, klub harus melakukan negosiasi gaji dengan sang bintang. Di City, Robinho dikabarkan menerima gaji sekitar 160 ribu pounds (sekitar Rp 2,2 miliar) per pekan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement