Jumat 03 Sep 2010 07:13 WIB

Dibantai Sriwijaya, Persib Berencana Ganti Pelatih

Rep: Israr/ Red: Arif Supriyono
Persib Bandung
Foto: Polton Sport Playbook
Persib Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kursi pelatih Persib bandung kembali memanas. Pasalnya, Persib akan melakukan evaluasi menyeluruh --termasuk keberadaan pelatih-- setelah gagal secara memalukan di Turnamen Antarpulau 2010.

Bukan cuma urung melangkah ke final, Maung Bandung, julukan Persib, dipermalukan Sriwijaya FC (SFC) 0-6 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Rabu (1/9). Padahal Persib berpeluang lolos ke partai mewakili Grup B setelah di pertandingan pertama mengalahkan Persiba Balikpapan 3-2.

Pelatih Persib, Daniel Darko Janackovic, dinilai paling bertanggung jawab atas kegagalan ini.

"Terbuka peluang Darko diganti," kata Manajer Persib, Umuh Muhtar, Kamis (2/9), di Bandung.

Jika kemungkinan terburuk itu terjadi, maka Darko menjadi pelatih paling cepat yang menangani Persib. Ia baru diangkat secara resmi akhir Juli lalu dengan sejumlah polemik. Beberapa pengurus Persib, termasuk Umuh, meragukan kemampuan Darko. Namun, Darko didukung perwakilan konsorsium yang menopang dana Persib.

Pengurus dan konsorsium akhirnya bersepakat mengangkat Darko namun dengan sejumlah syarat. Salah satunya, Persib tidak boleh kalah tiga kali berturut-turut di kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) musim 2010/2011 yang akan dimulai 26 September mendatang.

Menurut Umuh, Turnamen Antarpulau bukan sekadar ajang uji coba biasa. Di ajang ini, kemampuan pelatih diuji.

"Kalahnya itu luar biasa. Ini pertama dalam sejarah Persib kalah 0-6 dari tim lokal. Kita pernah kalah lebih besar (0-8) tapi itu waktu melawan AC Milan. Kalau dia memasang pemain dengan baik saya kira kita tidak perlu kalah sebesar ini" kata Umuh.

Umuh menilai Darko tidak tepat mengatur komposisi pemain dengan terlalu banyak mengandalkan pemain muda. Itu sebabnya SFC yang nyaris mustahil lolos karena harus menang dengan selisih enam gol justru melaju ke final.

SFC, Persib, dan Persiba sama-sama mengantongi nilai tiga hasil satu kemenangan dan satu kali kalah. SFC berhak maju karena unggul selisih gol meski ditaklukkan 0-3 oleh Persiba di laga perdana. SFC menjadi juara Grup B dan akan menghadapi Persiwa Wamena di kandang mereka, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Ahad (5/9).

Persiwa, di luar dugaan, berhasil menjuarai Grup A menyisihkan PSM Makassar dan Arema Indonesia. Persiwa mengantongi nilai empat dari kemenangan 4-2 atas PSM dan hasil imbang 1-1 melawan Arema. Padahal Persiwa tampil di Turnamen Antarpulau sebagai pengganti Persipura Jayapura yang mengundurkan diri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement