Sabtu 23 Oct 2010 02:09 WIB

Rossi Jalani Tes Pascamusim Bersama Ducati

Rep: Ratna Puspita/ Red: Endro Yuwanto
Valentino Rossi
Valentino Rossi

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA--Yamaha akhirnya memberikan izin pada Valentino Rossi untuk melakukan tes pascamusim bersama Ducati di Valencia, bulan depan. Tim pabrikan asal Italia itu pun berterimakasih pada rivalnya atas pemberian ijin tersebut.

"Kami sudah mengharapkan solusi ini, mempertimbangkan hubungan baik kami dengan Yamaha beberapa bulan terakhir dan secara khusus dengan Lin Jarvis, saya pun ingin mengucapkan terima kasih," kata Manajer Proyek MotoGP Ducati, Alessandro Cicognani, kepada Gazzetta dello Sport, Jumat (22/10).

Setelah tujuh tahun bersama, Rossi memutuskan meninggalkan Yamaha. Pebalap berusia 31 tahun tersebut juga memutuskan membawa empat krunya, termasuk Jeremy Burgesss mekanik andalan Rossi sejak memperkuat Honda Repsol.

Sebelumnya, Yamaha sempat enggan memberikan izin Rossi melakukan tes bersama Ducati mengingat kontraknya baru akan habis akhir tahun ini. Namun, tim pabrikan asal Jepang itu akhirnya menyerah dan memberikan Rossi dispensasi khusus untuk melakoni uji coba pascamusim bersama Ducati 7 November mendatang.

"Saya sudah bicara dengan (Masao) Furusawa dan dia mengatakan saya dapat melakukan tes bersama Ducati setelah balapan Valencia," kata Rossi.

"Saya rasa itu adalah keputusan yang tepat setelah apa yang kami alami bersama dan cara berterimakasih pada saya atas kerja keras dan komitmen selama ini. Saya juga berterima kasih pada Yamaha."

Tim Manajer Ducati, Vittoriano Guareschi, mengatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan bila juara dunia sembilan kali tersebut akan melakoni uji coba dengan timnya di Valencia. Guareschi mengatakan, motor Ducati untuk musim 2011 tidak akan terlalu berbeda dengan tahun ini.

"Saya belum mencobanya, tapi Franco Battaini sudah mengujicobanya di Mugello pekan lalu dan hasilnya sangat bagus. Seberapa besar perkembangannya? Katakan saja ada kemajuan yang penting. Filosofi kami adalah meraih kecepatan yang bagus, sedikit seperti Honda," kata dia.

Guareschi juga mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan mesin yang berbeda untuk Rossi dan Nicky Hayde. Ducati setidaknya sudah menyiapkan tiga tipe mesin yang berbeda. "Mereka bisa memilih mesin yang mereka sukai. Kami menyiapkan versi mesin yang berbeda-beda," kata dia.

Kabar Rossi akan melakukan uji coba bersama Ducati bulan depan dan hasil yang diraihnya pada dua balapan di Malaysia dan Australia mengindikasikan bila pebalap berjuluk The Doctor tersebut akan menyelesaikan musim ini. Ia menunggu hingga libur musim dingin untuk menjalani operasi bahu yang dideritanya setelah mengalami kecelakaan motokros April lalu.

sumber : autosport
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement