Sabtu 23 Oct 2010 02:12 WIB

Webber Favorit di Korea Selatan

Rep: Ratna Puspita/ Red: Endro Yuwanto
Webber dan Alonso
Foto: afp
Webber dan Alonso

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL--Mark Webber dan Red Bull Racing difavoritkan berjaya pada seri balapan di sirkuit Yeongnam, Korsel, Ahad (24/10). Webber berpeluang meraih hasil bagus pada balapan perdana di negeri Ginseng tersebut setelah mencatat waktu tercepat pada sesi latihan kedua seri balapan, Jumat (22/10).

Webber mengalahkan Lewis Hamilton yang berjaya pada sesi latihan pertama, Jumat pagi. Setelah melakoni sesi pertama, para pebalap mulai mengenal karakter sirkuit Yeongnam. Webber menggeber mobilnya dan mencatat waktu lap tercepat dengan catatan 1:37,942 detik.

Namun, Webber menyatakan, tidak ingin terlalu cepat menjadikan catatan tersebut untuk memprediksi peluangnya pada balapan akhir pekan ini. "Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi pada tiga balapan selanjutnya," kata dia.

Sementara, Fernando Alonso berada di posisi kedua dengan catatan 1:38,132 detik. Hasil ini memperbaiki catatan yang dibuat Alonso pada sesi latihan pertama. Pebalap Ferrari itu hanya berada di urutan 15 dengan catatan waktu lebih lambat lima detik.

Sementara Hamilton yang menjadi tercepat pada sesi pertama berada di tempat ketiga. Namun, Hamilton menyatakan sangat senang menghadapi balapan di Korea Selatan dan optimistis mengenai peluangnya meraih juara dunia musim ini.

"Saya merasa dalam kondisi bagus dan luar biasa. Saya sangat optimistis berlaga di sini," kata Hamilton yang memiliki selisih 28 poin dari Webber. "Ada tiga balapan tersisa yang masih menyisakan banyak poin. Target saya adalah memenangi balapan tersisa."

Hamilton mengatakan, dirinya lebih santai menghadapi balapan di Korea Selatan mengingat pada beberapa seri sebelumnya mengalami nasib buruk. "Saya merasa kami sudah belajar dari kesalahan," kata dia.

Posisi tercepat keempat berhasil diraih pebalap Renault, Robert Kubica, yang mengakhiri sesi latihan kedua dengan catatan 1:38.718 detik. Juara bertahan, Jenson Button, melengkapi posisi lima besar dengan waktu  1:38.726 detik.

Sebastian Vettel yang juga masih berpeluang meraih gelar juara dunia berada di posisi ketujuh atau masih kalah cepat dengan pebalap Ferrari, Felipe Massa, yang berada di posisi keenam. Namun, pebalap Red Bull Racing itu tetap optimistis akan dapat mempertahankan momentum kemenangannya di Jepang dua pekan lalu.

"Seperti ada bonus bila Anda menghadapi balapan penting setelah memenangi kemenangan. Itu memberi tambahan kepercayaan pada diri Anda," kata Vettel. "Mark memang berada pada posisi terbaik sekarang, tapi semua dapat berubah dengan cepat."

sumber : autosport
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement