Ahad 31 Oct 2010 23:45 WIB

Petinju Putri Maluku Juara Umum Kejurnas

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH--Para putri petinju Maluku berhasil menjadi juara umum di Kejurnas Tinju Amatir Senior di Banda Aceh setelah berhasil meraih dua medali emas, satu perak dan dua perunggu saat pertandingan berakhir Minggu (31/10) dinihari.

Keberhasilan Maluku itu terjadi Esther Kalayuking dan Tina Pentury, menyisihkan lawan-lawannya di final. Esther yang bertanding di kelas 60 Kg berhasil mengalahkan Frida Lamaton asal Papua dan Tina(48 Kg) menang tanpa bertanding(WO) dari lawannya Amelia Lontoh (Kalimantan Timur) karena sakit.

Sedangkan Mey Ohoilulin harus puas dengan perak karena dikalahkan Norbertha Tajum dari Nusa Tenggara Timur(NTT). Dua medali perunggu disumbangkan Ernas Rahaeng (57) dan Femmy Benamen (51 Kg).

Keberhasilan Maluku itu sekaligus menghempaskan DKI Jaya yang harus puas menduduki tempat kedua dan Sulawesi Utara(Sulut) di posisi tiga.

Prestasi petinju putri Maluku tidak diikuti putra yang di Kejurnas Banda Aceh sejak 22 Oktober 2010 menerjunkan 10 atlet karena hanya Panser Pattinama(57 Kg) yang berhasil meraih medali perak.

Panser di final harus mengakui keunggulan Matheus Mandiangan (Sulut) karena kalah agresif, menyusul perolehan angka sama-sama lima.

Keberhasilan petinju putri Maluku membanggakan manajer Alex Sapulette karena Tina Pentury ditetapkan menjadi petinju harapan. Sapulette mengatakan prestasi petinju menggembirakan karena para atlet hanya menjalani Pelatda di Ambon, ibu kota provinsi Maluku hanya sebulan tju hari.

"Prestasi terbaik sudah disumbangkan para atlet karena mengharumkan nama Maluku yang terkenal sebagai 'gudang petinju', baik nasional maupun internasional," ujarnya.

Sedangkan Ketua Pengprov Pertina Maluku, Jopi Papilaja, mengatakan bonus kepada petinju yang berhasil meraih medali akan diberikan di Ambon. "Saya memang tidak sempat menyaksikan final, tapi dua hari ( bersama) petinju di Banda Aceh telah mengingatkan petinju agar bertanding dengan sportivitas dan bonus tetap diberikan, menyusul uang saku diberikan pada Sabtu (30/10) pagi," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement