Selasa 02 Nov 2010 01:08 WIB

Malaysia Dominasi Etape Delapan

Rep: Ratna Puspita/ Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUWANGI--Tim Nasional Malaysia mendominasi etape delapan Surabaya-Jember Speedy Tour d'Indonesia dengan menempatkan dua pebalapnya, Ahmadfakrullah Alis dan Mohd Zamri Salleh, di podium, Senin (1/10). Sementara Herwin Jaya dari Polygon Sweet Nice (PSN) masih menguasai klasemen dan berhak atas jaket kuning (yellow jersey).

Panjangnya lintasan balapan membuat para pebalap memilih menyimpan energi dengan tidak melakukan serangan di awal-awal lomba. Beberapa pebalap memang berusaha melepaskan diri, namun dengan cepat kembali bergabung dengan rombongan.

Memasuki kilometer 50 di Pasuruan, Endra Wijaya dari Customs Cycling Club (CCC) memacu sepedanya dan melepaskan diri dari rombongan. Langkah Endra diikuti Dadi Suryadi dari Putra Perjuangan dan Kurniawan dari tim Jabar Muda.

Tiga pebalap itu sempat memimpin lebih dari satu menit. Menjelang intermediet Sprint pertama, pebalap 711 Filipina, Sherwin F Carrera, mengejar pebalap terdepan. Namun, Endra berhasil mempertahankan posisinya dan merebut poin sprint di km 81,9, depan kantor Wali Kota Probolinggo. Disusul Carrera dan Kurniawan.

Usman Ali dari United Bike dan Rosta Patria Dinawan dari Polygon Sweet Nice (PSN) mengalami masalah teknis selepas Probolinggo dan harus tercecer di belakang. Sedangkan, pebalap Bintang Kranggan Cycling Club, Edi Susanto, dan Saeid Nateghi dari Vali Asr Kerman Iran terlibat insiden di kilometer 101 di Klakah.

Jelly Dorisman dari Binong Baru Club berhasil meraih poin penuh di intermediet sprint dua. Disusul, Hari Fitrianto dari PSN, Robin Manulang dari Araya Indonesia Cycling Team, dan Ahmad Fallanie Ali dari tim nasional Malaysia.

Memasuki kilometer 128 di Jember, hujan membasahi lintasan lomba. Mark John Laxer G Galedo sempat melepaskan diri dan memimpin. Satu kilometer sebelum intermediet sprint tiga, empat pebalap melepaskan diri dan memimpin dengan selisih waktu 30 detik.

Fatahillah Abdullah berhasil memenangi poin di intermediet sprint ketiga. Budi Santoso dari United Bike Kencana Team berada di posisi kedua untuk mengamankan jaket hijaunya.

Selanjutnya, sepuluh kilometer menjelang finish, para pebalap menambah kecepatan dan mencoba berpisah dari rombongan. Carrera sempat memimpin, namun Ahmadfakrullah berhasil menyentuh finish di Alun-alun Jember. Disusul, Zamri dan Projo Waseso.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement