Jumat 05 Nov 2010 00:42 WIB

Sebanyak 18 Pemain Blasteran Tampil di Laga Amal LPI

Rep: Israr/ Red: Endro Yuwanto
Arifin Panigoro, salah satu pencetus Liga Primer Indonesia.
Arifin Panigoro, salah satu pencetus Liga Primer Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Liga Primer Indonesia (LPI) akan menggelar dua pertandingan pramusim sekaligus laga amal jelang bergulirnya kompetisi. Rencananya, dua tim calon peserta LPI, Persebaya Surabaya dan Persema Malang, akan berhadapan dengan tim berisikan 18 pemain blasteran Indonesia-Belanda.

Laga melawan Persebaya akan berlangsung pada 10 November di Stadion Gelora 10 Nopember, Surabaya, sementara pertandingan menghadapi Persema dilangsungkan dua hari kemudian di Stadion Gajayana Malang.

Menurut General Manager bidang liga LPI, Arya Abhiseka, penghasilan dari penjualan tiket pertandingan serta dana dari pihak sponsor yang masuk akan disumbangkan 100 persen ke korban tsunami di Mentawai dan letusan Gunung Merapi di Yogyakarta.

"Kami akan melakukan penjualan tiket langsung serta online melalui rajakarcis.com dan seluruhnya akan disumbangkan termasuk dari pihak sponsor yang mungkin masuk. Untuk match fee pemain dan biaya pertandingan akan ditalangi oleh LPI yang tidak akan diambil dari pemasukan tiket," kata Arya saat jumpa pers di Jakarta, Kamis (4/11).

LPI menghubungi pihak Feyenoord untuk mewujudkan laga ini. Pihak Feyenoord kemudian mengumpulkan 18 pemain keturunan Indonesia dari klub yang berlaga di berbagai level kompetisi yang ada di Belanda. Kebanyakan bermain untuk klub amatir.

LPI masih belum memutuskan wasit yang akan digunakan di laga ini. "Wasit dari Hungaria dan Australia siap turun. Kami masih menghitung biaya yang paling ekonomis dari dua pilihan itu," ujar Arya.

LPI, kata Arya, akan mendapatkan asistensi dari match comissioner dari Konferasi Sepak Bola Asia (AFC) untuk dua laga ini.

Turnamen Pramusim

Pertandingan ini juga akan menjadi ajang uji coba bagi LPI sebelum menggelar turnamen pramusim di lima kota, yaitu Medan, Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Makassar. Tim-tim yang berada di lima kota tersebut akan menjadi tuan rumah dan bertarung secara serentak mulai 22 hingga 27 November.

Klub-klub peserta LPI, kata Arya, dapat menggunakan laga amal ini untuk melakukan talent scouting. "Jika ada pemain yang diminati klub bisa langsung bernegosiasi dengan pemain bersangkutan," ujar Arya.

Sementara itu, untuk kota Jakarta, klub Batavia Union sudah ditunjuk sebagai pelaksana. CEO PT Batavia Jakarta Footballindo--perusahaan yang menaungi klub Batavia Union--Yon Moeis, mengatakan, pihaknya telah siap. Batavia akan bertanding melawan Jakarta 1928, Bogor Raya, dan Bandung FC. "Laga akan digelar di Stadion Lebak Bulus dan Stadion Tugu," kata Yon. Batavia Union diperkuat mayoritas pemain yang sebelumnya membela Persitara Jakarta Utara.

Daftar Nama Pemain Keturunan di Laga Amal

Robertus Gerardus Vermeulen (FC Geldrop), Simon Patrick Latumalea (ACV Assen), Govanni Geronimo Geraldo Wilikin (TOP), Muhamad Rigan Agachi (FC Geldrop), Mark Jeffrey Pohowainjaan (FC Berkum), Stephen Georg Rhantoknam (HHC), Sergio Kawarmala (VV De Valk Valkenswaart), Ruben Wuarbanaran (FC Den Bosch), Dominggus Yoenoes Roberto Limdoean (FC Zwolle), Larry Antoon George van Ommen (VV Dongen), Dane Dwight Brard (FC Dordrecht), Wisbard Sibsurak Tjaka Rahantoknam (Be Quick), Yoram Charles Pesulima (DTS ,35), Bjorn Sven Becker (VV Gemart), Jhon Rudolf van Beukering (proses transfer), Jordy Alexander de Kat (TOP), Rafael Maitimo (proses transfer), Cobenn Marcus Calistus Farneoboen (Prinses Irene)

Ofisial: Stanley Glenn Brard (Pelatih/Kepala Akademi Feyenoord), Laurus Petrus Martens (asisten pelatih/Feyenoord), Hendrik Scholing (Fisioterapis/Zelfstandig Fisioterapis), Eduardus Farneubun (staf), Hantje Sedoeboen (staf), Augustinus Tuparia (staf), Zacharias Leopoldus Roemloes (juru masak)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement